Salah satu inovasi yang dilakukan BPJS yaitu dengan diciptakan Aplikasi Mobile JKN sebagai wujud upaya BPJS untuk meningkatkan pelayanannya. Penggunaan Aplikasi Mobile JKN tertinggi di Provinsi Jambi yaitu Kota Jambi hampir mencapai angka 80.000 (76.272 Orang) atau 12% dari jumlah peserta JKN. Pada angka tersebut masih cukup jauh antara peserta JKN sdengan total 97,7% Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektivan Aplikasi Mobile JKN di Kota Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain studi kasus menggunakan teknik statistik kuantitatif. Sampel penelitian ini ialah sebagian dari jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Kecamatan Alam Barajo sebanyak 106 sampel dengan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Analisis data menggunakan Microsoft Excel dan rumus efektivitas. Dari hasil analisis tersebut didapat bahwa Kualitas Sistem (System Quality) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 74,15%. Kualitas Informasi (Information Quality) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 73,92%. Kualitas Layanan (Service Quality) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 68,11%. Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 68,20%. Manfaat Bersih (Net Benefit) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 72,07%. Efektivitas Aplikasi Mobile JKN sebesar 68,51%. Aplikasi Mobile JKN dianggap sudah efektif dengan nilai presentase diatas 60% yaitu 68,51%.
Copyrights © 2024