Seiring perkembangan zaman jual beli banyak dilakukan pada platform e-commerce, maka dari itu menjadi peluang bagi penjual dalam memasarkan produknya. Penggunaan platform e-commerce seperti Shopee dan tiktok menjadi strategi agara bisnis bekerlanjutan. Namun pada realitanya banyak ditemui penjual yang tidak beretika dalam melakukan transaksi jual beli dan merugikan salah. satau pihak. Maka dari itu tujuan penulisan ini yakni untuk menganalisis dan mengkaji pemasaran pada e-commerce dan tanggung jawab sosial dengan merangkul sustainability business dalam paradigma bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan analisis multisitus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yakni pengunaan e-commerce pada Zaidan Mall belum sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam seperti sidiq, amanah, fathanah dan tabligh pada unsur produk dan proses. Keberlanjutan bisnis pada planet juga belum diterapkan pada Zaidan Mall. Sedangkan bisnis Delfybroscantik penggunaan e-commerce dan sustainability business seluruhnya sesuai etika bisnis IslamÂ
Copyrights © 2023