LOKAKARYA
Vol 3, No 1 (2024)

UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA

Nurhayani Nurhayani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Ira Suryani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Siti Aisyah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru Bimbingan Konseling dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling dan siswa yang mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan tema kepercayaan diri. Adapun teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru Bimbingan konseling dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok mampu mengembangkan kepercayaan diri siswa walau tidak secara signifikat, sedikit banyaknya siswa sudah menunjukkan perubahan dalam dirinya untuk lebih percaya akan kemampuan dirinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lokakarya

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

LOKAKARYA Journal published by PPG of Tarbiyah Science and Teacher Training Faculty, State Islamic University of North Sumatera Medan, Medan City, North Sumatera Province,Indonesia This journal focuses on scholarly writing and articles of Tarbiyah science, Education and Islamic studies in the form ...