cover
Contact Name
Tarmizi Siregar
Contact Email
lokakarya@uinsu.ac.id
Phone
+6285275356446
Journal Mail Official
lokakarya@uinsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL LOKAKARYA
ISSN : -     EISSN : 29623537     DOI : -
Core Subject : Religion,
LOKAKARYA Journal published by PPG of Tarbiyah Science and Teacher Training Faculty, State Islamic University of North Sumatera Medan, Medan City, North Sumatera Province,Indonesia This journal focuses on scholarly writing and articles of Tarbiyah science, Education and Islamic studies in the form of study, conceptual, reserach results, book review and biography
Articles 27 Documents
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII-4 DI SMP ISTIQLAL DELITUA Adelia Salsa Della
Lokakarya Journal of Research and Education Studies Vol 2, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kecerdasan Emosianal siwa kelas VIII-4 di SMP Istiqlal Deli Tua. Penelitian ini dilakukan di Istiqlal Delitua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Istiqlal Delitua yang berjumlah sebanyak 120 Siswa dan menggunakan sampel 25 siswa untuk kelas kontrol dan 25 siswa untuk kelas  Eksperimen. Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa bimbingan kelompok terhadaap kecerdasan Kecerdasan Emosional siswa. Hal ini dapat dilihat uji statistik dari aspek-aspek pada kecerdasan emosional. Pada awalnya emosional siswa dengan aspek Layanan Bimbingan Kelompok berada pada ketegori rendah, setelah dilakukan treatment dengan Layanan Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosional siswa pada aspek tersebut mulai berubah dan meningkat ke kategori sedang. dapat diketahui bahawa, sebuah item dinyatakan valid apabila hasil hitung pearson correlation > rtabel (sig. 0.05). untuk menentukan nilai dari rtabel (sig. 0.05) dapat dilihat pada bagian rtabel product moment dengan jumlah data (n) = 25 maka sebesar 0.890 sehingga item dari skala setiap pernyataan dinyatakan valid.Kata Kunci: Bimbingan konseling, Kecerdasan emosional, Bimbingan Kelompok.
PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN, KARAKTER, DAN KEAGAMAAN BAGI SISWA PADA BULAN RAMADHAN DI SMP NEGERI 2 SILAU LAUT Siti Maryam
Lokakarya Journal of Research and Education Studies Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas keagamaan seseorang tidak dapat dinilai dari sekadar kuantitas ibadah yang dilakukannya di masjid atau musola. Kualitas keagamaan seseorang dapat dinilai dari bagaimana keikhlasan dalam bersosialisasi dengan masyarakat dan terhadap alam. Tulisan ini berupaya mendeskripsikan peran pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas keagamaan siswa (remaja) pada bulan Ramadhan di SMP Negeri 2 Silau Laut. Metode yang digunakan dalam tulisan ini ialah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Pengumpulan data berdasarkan laporan yang peneliti kumpulkan dalam kegiatan khusus bulan ramadhan di SMP Negeri 2 Silau Laut, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam memiliki peran sentral dalam peningkatan kualitas pendidikan, karakter serta keagamaan bagi siswa (remaja) di SMP Negeri 2 Silau Laut. Hal ini disebabkan peran pembelajaran PAI yang menganjurkan siswa untuk memakmurkan masjid, membuat kegiatan positif selama ramadhan dan pasca bulan ramadhan, serta mengisi kegiatan ramadhan dengan ritual ibadah dan ceramah “siraman rohani”.Kata Kunci: Kegiatan Ramadhan, Kualitas Keagamaan, Pembelajaran PAI.
KERAGAMAN SOSIOKULTURAL MASYARAKAT Fauziah Nasution; Meiliza Sartika; M. Farhan Dwiky Nanda; Adinda Dea Nazhira
Lokakarya Journal of Research and Education Studies Vol 2, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang keragaman sosiokultural. Untuk memahami sosiokultural lebih dalam maka penelitian ini menjelaskan tentang konsep yang berkaitan tentang sosiokultural yakni identitas budaya, pluralisme, multikulturalisme serta ingin melihat keragaman sosiokultural yang ada pada interkasi antara budaya. Metode yang digunakan adalah studi kasus karena penelitian ini mencari data dari sumber buku dan jurnal terdahulu. Hasil penelitian ini adalah, penelitian ini menjelaskan tentang konsep-konsep seperti identitas budaya, pluralisme, dan multikulturalisme memberikan kerangka kerja untuk memahami dan menghargai perbedaan dalam masyarakat. Penelitian ini juga menunjukkan interaksi antarbudaya dari penelitian terdahulu tentang pengungkapan identitas kultural, akulturasi, dan kesadaran budaya.Kata Kunci: Sosiokultural, keragaman sosiokultural, interaksi antar budaya
PELAYANAN AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMA NEGERI 1 SOSORGADONG Nurliani Pasaribu
Lokakarya Journal of Research and Education Studies Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelayanan akademik dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa di SMA Negeri 1 Sosorgadong. Fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah implikasi pelayanan akademik tersebut pada hasil belajar siswa. Adapun jenis penelitian ini ialah kategori penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif analitis. Pemerolehan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Akhirnya, data dinyatakan absah/valid apabila telah melalui triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan akademik sebagai upaya meningkatkan hasil belajar PAI siswa di SMA Negeri 1 Sosorgadong belum terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan beberapa faktor penghambatnya, yaitu: fasilitas perpustakaan yang belum maksimal, biaya operasional masih minim, pengelola atau SDM masih rendah, rendahnya motivasi dari dalam diri siswa itu sendiri, dan kesenangan siswa masih dalam dunia permainan.Kata Kunci: Hasil Belajar PAI, Pelayanan Akademik, Siswa.
STRATEGI PSIKOLOGI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI MTS SUKARAMAI Efrida Mandasari Dalimunthe; Siti Nur Aisah Solin; Vivin Fitriani Zebua; M. Irgi Fahreza; Dipa Pratama Rambe
Lokakarya Journal of Research and Education Studies Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk menghadapi tantangan global, manajemen pendidikan diarahkan pada pemberdayaan manusia agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Karena pentingnya pemahaman mengenai bagaimana implikasi dan fungsi tinjauan psikologi dalam manajemen pendidikan diperlukan kajian lebih lanjut terhadap hal tersebut, sehingga penelitian dan tulisan ini dibuat untuk melakukan tinjauan terhadap psikologi manajemen pendidikan meliputi; kecerdasan, Strategi Psikologi Manajemen, serta variabel-variabel psikologi dalam pendidikan.
PENGARUH GURU BK DENGAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP PEMILIHAN KARIR DI KELAS XII DI SMK IMELDA MEDAN TA 2022/2023 Nur Azizah Siti Fatimah; Sri Wahyuni; Mahidin Mahidin
Lokakarya Journal of Research and Education Studies Vol 2, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru Bimbingan dan Konseling dengan layanan informasi terhadap pemilihan karir siswa di kelas XII SMK Imelda, Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen non-equivalent control grup design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XII SMK Imelda, Medan,  Tahun Ajaran 2022-2023 yang berjumlah 253 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Prosedur penelitian yang dilaksanakan menerapkan tiga langkah yakni Pre-Test, Proses Pemberian Layanan Informasi, dan Post-Test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket mengenai pemilihan karir dengan jumlah pernyataan sebanyak 30 butir pernyataan. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil temuan ini menunjukkan: 1.) adanya pengaruh peran guru dengan layanan informasi terhadap pemilihan karir siswa di kelas XII SMK Imelda, Medan dengan thitung > ttabel yaitu 7,349 > 1,994, atau terdapat nilai rata-rata pada tes awal adalah 50,3 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 81,7 sehingga diperoleh selisih 31,67 poin atau terdapat nilai rata-rata tes awal adalah 55,78 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 71,8, sehingga diperoleh selisih 16,03 poin; Simpulan pada penelitian ini menjelaskan bahwa keputusan siswa dalam memilih karir menjadi lebih baik karena adanya peran guru Bimbingan dan Konseling dengan pelaksanaan layanan informasi.Kata Kunci: Guru BK, Layanan Informasi, Pemilihan Karir
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DI RA NURUL ILMI TIGA JUHAR DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK Amal Lubis
Lokakarya Journal of Research and Education Studies Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Moralitas dan agama merupakan benteng utama bagi pembentukan karakter anak dalam menyikapi arus globalisasi di era digital. Bentuk upaya konkrit dalam dilakukan melalui proses pembelajaran yang bermutu bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan nilai-nilai agama dan moral siswa. Penulis menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Penggunaan metode penelitian tersebut ditujukan untuk menghasilkan produk baru dalam pembelajaran dan menguji efektivitas produk tersebut. Dalam konteks ini, produk yang akan dihasilkan berupa media berupa film “Aku Anak Shaleh” untuk meningkatkan nilai-nilai agama dan moral siswa dengan model Borg and Gall. Tahapan proseduralnya meliputi; tahap persiapan dan pengumpulan data, tahap pengembangan produk, tahap validitas produk, tahap revisi, tahap uji coba produk, desimilasi dan implementasi. Desain media film “Aku Anak Shaleh” dilakukan melalui penentuan tema, membuat logline, mengembangkan sinopsis film, membuat storyboard, dan implementasi sistem produksi. Hasilnya media tersebut dinilai efektif dan valid oleh para ahli diterapkan pada siswa RA Nurul Ilmi Tiga Juhar. Media tersebut memiliki keunggulan dari aspek kemudahan yang disajikan bagi peningkatan moral dan nilai agama pada siswa, menarik perhatian belajar anak, dan sesuai dengan gaya belajar audio visual. Begitupun, terdapat kelemahan dari media ini berupa waktu relatif lama dalam merancang media tersebut, menuntut kreativitas guru dalam mendesain media berbasis teknologi, serta menuntut fasilitas memadai di sekolah (proyektor, sound system, ruang kelas).Kata Kunci: Audio Visual, Media Pembelajaran, Moralitas, Nilai Agama.
Effektivitas Peningkatan Keterampilan Menulis Recount Text Melalui Pendekatan Genre Based Ummu Hani
Lokakarya Journal of Research and Education Studies Vol 2, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study intends to ascertain if students at VIII C MTsN 41 Al Azhar Asy Syarif Jakarta in the 2021–2022 Academic Year have improved their recount text writing abilities after using a genre-based method. Classroom action research, which is conducted in two cycles, was the type of research used in this study. The 27 pupils in class VIII C at MTsN 41 Al Azhar Asy Syarif Jakarta who were 27 girls served as the study's subjects. The methods for gathering data used in this study comprised observation sheets and the output of students' writing regarding recount texts, which were part of the teaching process. Using both quantitative and qualitative descriptive methods, the research findings were examined. The results of the data analysis in this study show that there is an improvement in writing ability following the application of the genre-based approach, as can be seen from the students' results of each cycle, where the proportion of students who met the success criteria increased when compared to the pre-test results. Pre-test success requirements were attained by 7 students (21.87%), 21 students (65.63%) for the first cycle, and 25 students (78.13%) for the second cycle. Thus, it can be said that using a genre-based strategy can help students in VIII C MTsN write better recount texts. 
PERAN ORGANISASI REMAJA MASJID DALAM MENGURANGI KEBIASAAN PENGURUS BERMAIN SMARTPHONE Indra Satia Pohan
Lokakarya Journal of Research and Education Studies Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran organisasi Remaja Masjid Baiturrahman Kelurahan Limau Sundai dalam mengurangi kebiasaan anggotanya pada menggunakan Smartphone.  Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi analisis. Informan penelitian adalah Ketua Remaja Masjid, Ketua BKM, dan beberapa anggota Remaja Masjid. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan organisasi Remaja Masjid baiturrahman ini dapat dikelompokkan dalam beberapa kegiatan rutin yang dilaksanakan seperti Maulid dan Isra’ Mi’raj Nabi, gotong royong lingkungan masjid, majelis ta’lim, magrib mengaji dan kegiatan-kegiatan lain yang tidak mengikat. Tingkat ketergantungan remaja pada Smartphone di Remaja Masjid Baiturrahman Limau sundai ini pada dasarnya tergolong tinggi karena durasi penggunaan waktu dengan kegiatan-kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap harinya. Walaupun masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi seperti rasa gelisah saat Smartphone mereka tertinggal, menganggap hidup menjadi terhormat berdasarkan kepemilikan Smartphone sesuai mereknya dan hal-hal lainnya. Organisasi Remaja Masjid berperan dalam mengurangi kebiasaan remaja pada Smartphone melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan agar nilai-nilai agama dan ibadah remaja lebih baik lagi sehingga diharapkan dapat menjadi media dalam mengurangi dampak negatif Smartphone.
IMPLEMENTASI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI GURU DI SD SWASTA KARYA BAKTI AIR HITAM Muhammad Walimsyah Sitorus; Alpiq Rizki; Aziza Rahmah; Dea Ayu Puspita; Nanda Putri Khafifah; Titi Nuraini
Lokakarya Journal of Research and Education Studies Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan guru dalam mengimplementasikan landasan psikologis pendidikan guru SD di SD Swasta Karya Bakti. Banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh guru kelas saat harus landasan psikologis pendidikan didalam kelas. Peneliti melakukan penelitian mengenai analisis implementasi landasan psikologis landasan pendidikan yang sudah diterapkan oleh guru di SD Swasta Air Hitam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji: 1. Bagaimana guru SD dalam mengimplementasikan landasan psikologis pendidikan. 2. Mengkaji pelaksanaan landasan psikologis pendidikan disekolah dasar berdasarkan kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Swasta Karya Bakti Air Hitam pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menganalisis guru yang sudah menerapkan dan mengimplementasikan landasan psikologis pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data dokumentasi, wawancara dan observasi dapat diketahui bahwa guru di SD Swasta Karya Bakti Air Hitam sudah menerapkan landasan psikologis pendidikan dalam pembelajaran sehari-hari.

Page 1 of 3 | Total Record : 27