Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan
Vol. 14 No. 10 (2024): Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan

Strategi Pemasaran Laboratorium Kesehatan Swasta Novalab Cianjur untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan

Towifah Fauziah Choerunisa (Universitas Jendral Achmad Yani)
Erliany Syaodih (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Mira Veranita (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2024

Abstract

Laboratorium Kesehatan Swasta Novalab Cianjur mengalami panurunan pada kunjungan pasien dari Tahun 2020 sampai dengan Tahun 2023. Salah satu faktor adalah karena pemeriksaan skrining atau evaluasi Covid-19 tidak sebanyak pada Tahun 2020. Laboratorium kesehatan memiliki peran dalam pencegahan, monitoring dan evaluasi penyakit, tidak hanya pada infeksi Covid-19 namun pada penyakit menular lainnya ataupun tidak menular seperti diabetes melitus, penyakit jantung koroner dan lainnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Laboratorium Kesehatan Swasta Novalab Cianjur dalam rangka meningkatkan kunjungan. Metoda penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan purposive sampling kepada 10 karyawan Laboratorium Kesehatan Swasta Novalab Cianjur. Strategi pemasaran yang menjadi prioritas dihasilkan dari analisis data SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Hasil analisis SWOT pada penelitian di Laboratorium Kesehatan Swasta Novalab Cianjur di Kuadran I, yaitu strategi agresif. Beberapa alternatif strategi bisa dipilih dengan cara mengoptimalkan kekuatan dan peluang. Alternatif strategi yang dapat dilaksanakan di Laboratorium Kesehatan Swasta Novalab Cianjur atas dasar matriks analisis SWOT yaitu 1) Pemasaran pemeriksaan laboratorium melalui media sosial dan teknologi pemasaraan lainnya, 2) Penyuluhan door to door kepada masyarakat mengenai pentingnya pemeriksaan laboratorium, 3) Memberikan pelatihan SDM yang masih fresh graduate, 4) Menambah SDM marketing agar pemasaran maksimal, 5) Mengikuti dan beradaptasi aktif terhadap perubahan regulasi dari pemerintah, 6) Tetap menetapkan harga pemeriksaan dibawah pesaing, 7) Pembinaan SDM, 8) Menyusun business plan sebagai pedoman penyusunan rencana kerja dan anggaran, 9) Membina loyalitas pasien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

covalue

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan [p-ISSN 2086-3306 | e-ISSN 2809-8862] merupakan jurnal ilmiah berbentuk penelitian dan dapat diakses secara terbuka. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam setahun oleh Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia ...