cover
Contact Name
Royyan
Contact Email
greenpublisher.id@gmail.com
Phone
+628979649656
Journal Mail Official
covaluejurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Jatinangor KM 20,5, Bandung, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan
ISSN : 20863306     EISSN : 28098862     DOI : 10.36418
Core Subject : Economy, Science,
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan [p-ISSN 2086-3306 | e-ISSN 2809-8862] merupakan jurnal ilmiah berbentuk penelitian dan dapat diakses secara terbuka. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam setahun oleh Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung.
Articles 104 Documents
Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia No.12/Per/M.KUKM/IX/2015 Yeni Hernawati; Dandan Irawan; M. Ardi Nupi H
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan Vol. 13 No. 1 (2022): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1393.359 KB) | DOI: 10.36418/covalue.v13i1.995

Abstract

Latar belakang: Koperasi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Barat (KPPP) merupakan          badan usaha koperasi yang melaksakan kegiatan pada unit usaha Niaga Barang dan Simpan Pinjam. Unit Usaha Niaga Barang merupakan unit usaha yang memberi keuntungan cukup besar bagi Koperasi setiap harinya     pendapatan Unit Usaha Simpan Pinjam bisa mencapai 2-3 Juta Rupiah. Tujuan penelitian: Untuk membangun pondasi akuntansi dalam laporan keuangan. Metode penelitian: Metode yang dipilih untuk penelitian ini adalah metode dengan studi kasus, dimana studi kasus pada penelitian ini mempelajari secara rinci dan kuat tentang latar belakang suatu fenomena dari keadaan yang diteliti. Hasil penelitian: Koperasi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Barat hanya menyajian Neraca dan PHU pada tahun buku 2019. Neraca yang disajikan sudah cukup baik namun masih ada akun yang belum disajikan. Pada Laporan Perhitungan Hasil Usaha koperasi belum memisahkan pendapatan dari anggota dan non anggota sehingga belum dapat dihitung lebih banyak mana manfaat dari anggota atau non anggota. Kesimpulan: Laporan keuangan yang telah disajikan oleh KPPP Jawa Barat yaitu Neraca dan PHU keseluruhan telah disajikan cukup baik. Pada Laporan neraca telah mecakup 3 (tiga) akun yaitu aset, kewajiban dan modal walaupun masih ada beberapa transaksi yang tidak diakui dan disajikan pada laporan neraca.
Analisis Sistem Pengendalian Internal Piutang pada KPRI Kokardan Adrin Nuradha Diana
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan Vol. 13 No. 1 (2022): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1588.174 KB) | DOI: 10.36418/covalue.v13i1.996

Abstract

Latar belakang: Pancasila dan UUD 1945 menyebutkan bahwa tiga pelaku ekonomi yang mendasari sistem perekonomian Indonesia yaitu BUMN, BUMS, dan Koperasi. Terdapat banyak jenis koperasi yang ada di Indonesia yang terbagi dari jenis koperasi berdasarkan tingkatannya dan jenis usahanya. Koperasi yang menjalankan usaha simpan pinjam di dalamnya pasti terdapat piutang yang besar. Tujuan penelitian: Mengetahui keberadaan sistem pengendalian internal, prosedur sistem pengendalian internal piutang, penilaian sistem pengendalian internal piutang dan mengetahui upaya perbaikan sistem pengendalian internal piutang. Metode penelitian: Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan dan studi pustaka.. Hasil penelitian: Keadaan sistem pengendalian internal piutang kurang efektif hal ini dapat dilihat dari belum semua terlaksananya komponen COSO. Prosedur sistem pengendalian internal sudah cukup baik hal ini dilihat dari adanya pengajuan dari anggota sampai tahap monitoring ke anggota. Penilaian sistem pengendalian internal kurang efektif hal ini dilihat dari tidak adanya pemisahan fungsi piutang dan tidak dilakukannya rotasi jabatan, laporan potongan Tukin tidak disampaikan kepada anggota dan piutang ragu-ragu tidak diperiksa. Kesimpulan: Keberadaan sistem pengendalian internal piutang pada KPRI Kokardan yaitu jika dilihat dari komponen COSO. Prosedur sistem pengendalian internal piutang berjalan dengan cukup baik hal ini ditandai dengan adanya prosedur awal tahap pemberian pinjaman dengan mengajukan formulir permohonan pinjaman di bagian kartu. Penilaian sistem internal pengendalian internal piutang kurang efektif meskipun ada yang telah dilakukan. Upaya perbaikan sistem pengendalian piutang dengan sistem pengendalian internal yaitu KPRI Kokardan harus memperbaiki komponen yang belum terlaksana.
Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia No.13/Per/M.KUKM/IX/2015 Daifulloh Faidz Rabbani; Dadi Nurpadi; M.Ardi Nupi H
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan Vol. 13 No. 1 (2022): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1315.799 KB) | DOI: 10.36418/covalue.v13i1.997

Abstract

Latar belakang: Unit Simpan Pinjam merupakan unit usaha yang paling besar menyerap modal usaha koperasi. Namun permasalahan yang terjadi yaitu pada penyusunan laporan keuangan koperasi masih terdapat kekurangan dan ketidaksesuaian dengan pedoman yang telah dibuat oleh Pemerintah yaitu Peraturan Menteri Koperasi dan UMKM No.13/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang pedoman akuntansi usaha simpan pinjam koperasi. Tujuan penelitian: menganalisis implementasi dari penyusunan laporan keuangan koperasi berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan UMKM No.13/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang pedoman akuntansi usaha simpan pinjam koperasi. Metode penelitian: Metode studi kasus digunakan pada penelitian ini dimana studi kasus ini mempelajari tentang latar belakang keadaan dari sebuah fenomena. Metode studi kasus ini adalah salah satu metode deskriptif, dengan tujuan mencari informasi-informasi tentang bagaimana penerapan akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan koperasi pada akhir periode. Hasil penelitian: 1) Laporan keuangan yang telah disajikan oleh KPPP JABAR yaitu Neraca dan PHU keseluruhan telah disajikan cukup baik.2). Laporan keuangan KPPP JABAR yang sudah disajikan masih belum sesuai dengan komponen laporan keuangan menurut pedoman akuntansi simpan pinjam. Kesimpulan: Kesesuaian Laporan Keuangan Koperasi terhadap Permen No. 13 tahun 2015 jika dalam bentuk persentase sebesar 18,42%.
Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Laba Rugi Terhadap Audit Delay Iranovia Sibarani
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan Vol. 13 No. 1 (2022): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1516.217 KB) | DOI: 10.36418/covalue.v13i1.998

Abstract

Latar belakang: Perusahaan bisa dikatakan sudah go public jika telah menerbitkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang bertujuan agar menambah dana modal perusahaan untuk kegiatan operasional. Tujuan penelitian: Menguji hubungan ukuran perusahaan terhadap audit delay pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020, menguji hubungan umur perusahaan terhadap audit delay pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020, menguji hubungan laba rugi terhadap audit delay pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020, menguji pengaruh ukuran perusahaan,umur perusahaan dan laba rugi terhadap audit delay pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020, mengetahui gambaran audit delay pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020, jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa annual report. Metode penelitian: Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji kelayakan model dan uji hipotesis. Hasil penelitian: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan negatif ukuran perusahaan dan umur perusahaan dengan audit delay, dan adanya pengaruh laba rugi terhadap audit delay tetapi tidak signifikan. Kesimpulan: Hasil pengujian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak memiliki hubungan positif terhadap audit delay. Hal tersebut berarti semakin besar ukuran perusahaan maka audit delay semakin sedikit. Hasil pengujian menunjukkan bahwa umur perusahaan memiliki hubungan negatif terhadap audit delay. Hal tersebut berarti semakin besar umur perusahaan maka audit delay semakin sedikit. Hasil pengujian menunjukkan bahwa laba/rugi tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap audit delay. Hal tersebut berarti perusahaan yang mengalami laba maka audit delay semakin rendah tetapi tidak signifikan, juga perusahaan yang mengalami rugi maka audit delay semakin besar tetapi tidak signifikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan dan laba rugi bersama-sama berpengaruh terhadap audit delay. Hal tersebut berarti jika perusahaan memiliki ukuran perusahaan dan umur perusahaan yang besar, dan mendapat laba maka audit delay semakin rendah dan juga sebaliknya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hanya 15 perusahaan dari 199 sampel perusahaan yang mengalami audit delay pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020.
Pengaruh Arus Kas, Perbedaan Laba Akuntansi dan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba Nurul Fadhila
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan Vol. 13 No. 1 (2022): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1523.363 KB) | DOI: 10.36418/covalue.v13i1.999

Abstract

Latar belakang: Belakang ini dunia usaha sedang mengahadapi krisis keuangan yang cukup hebat akibat dari dampak adanya pandemi Covid-19. Tujuan penelitian: Menganalisis dan mendapatkan bukti apakah arus kas, perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal berpengaruh terhadap persistensi laba perusahaan pada PT. XYZ. Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, yang betujuan untuk mengumpulkan, mengelolah, menguji, dan menganalisa suatu data yang berupa angka-angka untuk mengetahui pengaruh arus kas dan perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal terhadap persistensi laba. Hasil penelitian: Menurut hasil uji simultan F didapatkan hasil signifikasi sebesar 0.016 yang lebih rendah dari 0.05 yang artinya variabel independen (rasio intensitas modal, arus kas bebas dan manfaat) berpengaruh dengan variabel devenden. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian maka arus kas operasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persistensi laba. Artinya, bahwa semakin tinggi arus kas operasi suatu perusahaan maka akan persistensi laba perusahaan juga akan meningkat.  Perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal berpengaruh positif signifikan terhadap persistensi laba, yang artinya semakin tinggi nya perbedaan antara laba akuntansi dan laba fiskal maka semakin rendahnya persistensi laba suatu perusahaan.
Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Ratri Paramitalaksmi; Wuku Astuti
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan Vol. 12 No. 1 (2021): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1589.452 KB) | DOI: 10.36418/covalue.v12i1.1218

Abstract

Latar belakang: UMKM (Usaha Miko Kecil dan Menengah) merupakan penyangga bagi perekonomian Indonesia. Menurut Kementerian Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) pada tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku ekonomi di Indonesia. Saat ini permasalahan yang terjadi adalah penyusunan laporan keuangan UKM masih terdapat kekurangan dan ketidaksesuaian dengan pedoman yang telah dibuat oleh Pemerintah Republik Indonesia. Tujuan penelitian: menganalisis implementasi dari penyusunan laporan keuangan UMKM (Usaha Kecil Menengah) yang terdapat pada wilayah Duwet, Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Metode penelitian: Metode studi kasus digunakan pada penelitian ini dimana studi kasus ini mempelajari tentang latar belakang keadaan dari sebuah fenomena. Metode studi kasus ini adalah salah satu metode deskriptif, dengan tujuan mencari berbagai informasi mengenai bagaimana penerapan akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan UMKM pada akhir periode. Hasil penelitian: 1) Laporan keuangan yang disajikan oleh para pelaku UMKM di wilayah Duwet belum tersaji dengan baik. 2). Laporan keuangan oleh para pelaku UMKM di wilayah Duwet belum disajikan dengan tertib setiap periode. Kesimpulan: Laporan Keuangan keuangan oleh para pelaku UMKM di wilayah Duwet belum dilaksanakan dengan tertib setiap periode dan masih sangat sederhana.
Efisiensi Kerja Pegawai dengan Sistem Informasi Berbasis Komputer di Kantor Dinas Pendidikan Listriyanti Palangda
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan Vol. 12 No. 1 (2021): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1390.779 KB) | DOI: 10.36418/covalue.v12i1.1219

Abstract

Latar belakang: Sistem informasi berbasis komputer untuk memproses data menjadi informasi yang memiliki arti, ada perbedaan yang cukup mendalam antara komputer dan program komputer di satu sisi dengan sistem informasi di sisi lainnya. Tujuan penelitian: untuk mengetahui efisiensi kerja pegawai dengan sistem informasi berbasis komputer di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 orang dan semua populasi dijadikan sebagai sampel. Hasil penelitian: Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian adalah pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja sudah menunjukkan pengggunaan sistem informasi berbasis komputer yang baik dalam melaksnakan setiap tugas. Kesimpulan:Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja sudah mampu menggunakan komputer dalam mengerjakan berbagai pekerjaan kantor mulai dari mengumpulkan data, mengolah, memelihara dan output data
Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Earning per Share (EPS) terhadap Harga Saham Furniawan Furniawan
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan Vol. 12 No. 1 (2021): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1507.432 KB) | DOI: 10.36418/covalue.v12i1.1220

Abstract

Latar belakang: Dalam Pasar Modal terdapat banyak perusahaan yang memiliki tujuan untuk memperoleh laba dan meningkatkan kemakmuran pemegang saham guna agar perusahaan dapat berkembang dan membawa kemajuan perekonomian Laporan keuangan merupakan faktor penting untuk mentukan mana yang akan dipilh sebagai pilihan investasi bagi para investor Tujuan penelitian: mengetahui baik secara parsial maupun simultan tentang Net Profit Margin dan Earning per Share terhadap Harga Saham. Metode penelitian: Metode penelitian kuantitatif dan deskriptif. Jenis data ini skunder tersedia dan dipublikasikan di situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) berupa data pelaporan keuangan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian: hasil engujian yaitu memenuhi asumsi-asumsi klasik seperti adanya normalitas data, tidak ada multikolinearitas, tidak ada autokorelasi dan tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Secara parsial NPM tidak Pengaruh sedangkan EPS memiliki pengaruh. Dan secara Bersama-sama memiliki pengaruh signifikan Kesimpulan: Dalam beberapa kasus, NPM tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap harga saham. Dalam beberapa kasus, EPS dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap harga saham. Sementara itu, variabel NPM dan EPS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI.
Pengaruh Fraud Pentagon terhadap Fraudulent Financial Statement pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Andrianus Andri
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan Vol. 12 No. 1 (2021): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1404.788 KB) | DOI: 10.36418/covalue.v12i1.1221

Abstract

Latar belakang: Laporan keuangan sebagai alat penyampaian informasi kepada pihak berkepentingan mengenai kondisi perusahaan, sering dalam pelaksanaanya terjadi salah saji yang dilakukan secara sengaja atau disebut fraudulent financial statement (AHMAD, 2022). Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Financial Stability, External Pressure, Financial Target, Nature of Industry, External Auditor Quality, Auditor Change, Change of Directors, dan Frequent Number of CEO Photo terhadap fraudulent financial statement Metode penelitian: Populasi dalam penelitian ini adalah 179 perusahaan sektor manufaktur di Bursa Efek Indonesia dan metode pengambilan sampel memakai purposive sampling dengan jumlah sampel didapat sebanyak 96 perusahaan. Bentuk penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Teknik analisis menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji multiple logistic regression menggunakan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian: menunjukkan bahwa Financial Stability dan Financial Target berpengaruh positif terhadap Fraudulent Financial Statement. External Auditor Quality dan Change of Directors berpengaruh negatif terhadap Fraudulent Financial Statement, sedangkan External Pressure, Nature of Industry, Auditor Change, dan Frequent Number of CEO photo tidak berpengaruh terhadap Fraudulent Financial Statement. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Financial Stability dan Financial Target berpengaruh positif terhadap Fraudulent Financial Statement, External Auditor Quality dan Change of Directors berpengaruh negatif terhadap Fraudulent Financial Statement, sedangkan External Pressure, Nature of Industry, Auditor Change, dan Frequent Number of CEO photo tidak berpengaruh terhadap Fraudulent Financial Statement
How Multinational Companies Entrust Digital Applications in Upgrading Employees' Human Resources Sri Mulyono
Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan Vol. 12 No. 1 (2021): Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi, & Kewirausahaan
Publisher : Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1355.3 KB) | DOI: 10.36418/covalue.v12i1.1222

Abstract

Background: The problem of International Human Resources management is inseparable from cultural factors. Due to the cultural differences of each country, it is necessary to adjust the differences with modernization solutions and changing patterns of technological solutions. The purpose of the study: Finally, we set the goal of this study to gain a new understanding of how and why international HR can be solved with digital applications Research method: We have analyzed with the help of the Google translation application if there are difficulties in understanding terms and content, then examine the data and evaluation and conclude based on valid and reliable information accuracy. Because we found this data from the results of previous studies, we say our study is secondary data following experts' opinions. Then we also process this study as a qualitative and descriptive study. The results of the study: digital technology can convince companies to train their HR; among others, companies can easily prepare their HR upgrades when they apply their digital technology applications. Furthermore, technology also has an essential role in implementing and corporate human resources training, including international companies. Digital has also been proven to be able to transform human resources for international companies. Our findings hope that they will become essential inputs and contributions for further studies and corporate policy issues Conclusion: we come to our conclusion that the understanding that we get from the study of many papers published in well-known journals is that the purpose of our study has been obtained, which, among other things, we conclude that digital applications can increase the human resources of international companies because digital applications are indeed an essential element so that companies can easily believe in its superiority.

Page 1 of 11 | Total Record : 104