Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Vol. 9 No. 1 (2024): JURNAL BASTRA EDISI JANUARI 2024

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGONSTRUKSI TEKS CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI IPA PUTRI

Hikma Dehusa (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo)
Fahruddin Hanafi (Universitas Halu Oleo)
Sri Suryana Dinar (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang meningkatkan hasil belajar mengonstruksi teks ceramah dengan model problem based learning (PBL) siswa kelas XI IPA Putri MA Darul Mukhlisin. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di MA Darul Mukhlisin Kelas XI IPA Putri dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan data kualitatif yaitu berupa aktivitas guru dan siswa, diambil melalui observasi dan data kuantitatif yaitu berupa hasil belajar. Teknik analisis data berupa analisis aktivitas guru dan siswa, penilaian keterampilan dan menentukan tes formatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan pertama mencapai persentase 63,63%, pada pertemuan kedua mencapai persentase 90,90% dan pada siklus II mencapai persentase 90,90% dan pada pertemuan kedua mencapai persentase 100%. Sedangkan pada kegiatan aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai persentase 54,54%, pada pertemuan kedua mencapai persentase 90,90% dan pada siklus II mencapai persentase 90,90% dan pada pertemuan kedua mencapai persentase 100%. siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I telah mencapai persentase ketuntasan klasikal sebanyak 13 orang atau 45% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 66,40, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu mencapai persentase ketuntasan sebanyak 25 orang atau 86% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 81,89. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, serta hasil belajar siswa pada mengonstruksi teks ceramah kelas XI IPA Putri MA Darul Mukhlisin.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOURNAL BASTRA (Language and Literature) is a publicly accessible journal published by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Halu Oleo University. This journal is published four times a year, every January, April, July, and ...