Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Vol 14 No 1 (2024): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)

Klasterisasi Tingkat Penjualan Kedai Kopi Hallo Burjois Menggunakan Algoritma K-Medoids Sebagai Evaluasi

Pradana Rizki Maulana (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
April Lia Hananto (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Agustia Hananto (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Bayu Priyatna (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Kedai Hallo Burjois yang sedang mengalami tantangan untuk memperluas jangkauan produk menu produk, penelitian ini menerapkan algoritma K-Medoids Clustering untuk meningkatkan strategi promosi dengan mengidentifikasi menu-menu yang memiliki tingkat minat pembeli rendah. Proses tersebut melibatkan pengolahan data penjualan harian yang diubah menjadi format bulanan, di mana algoritma K-Medoids digunakan untuk membentuk tiga kluster yang mewakili tingkat penjualan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil klasterisasi menunjukkan adanya menu-menu dengan penjualan rendah sebanyak 6 item, antara lain Americano, Caffe Latte, Dark Choco Caramel, Dimsum, Hazelnut Latte, dan Pasta Carbonara. Lalu kami mengadopsi prinsip 4P (Product, Price, Place & Promotion) untuk mengevaluasi produk dengan tingkat penjualan terendah. Uji validitas dilakukan menggunakan Davies Boulding Index (DBI), menunjukkan keakuratan dan konsistensi hasil klasteriasasi sebesar 0,95 pada tiga kluster.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) is expected to be a media of scientific study of research result, a thought and a study criticial analysis to a System engineering research, Informatics Engineering, Information Technology, Computer Engineering, Informatics Management, and ...