Innovation for Community Service Journal
Vol 2 No 1 (2024): April 2024

Demo Sains: Aplikasi Pemahaman Dasar Sains Dalam Aktivitas Sehari-Hari Kepada Siswa SMA Negeri 42 Maluku Tengah

Catherina M Bijang (Program Studi Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pattimura)
Mimi Salmawati (Program Studi Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pattimura)
Irwan Rutu (Program Studi Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Media pengajaran diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan atau isi pelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan siswa, sehingga dapat mendorong proses belajar-mengajar. Banyak siswa mengalami kesulitan untuk mempelajari sains sehingga sering mengalami kesalahan konsep. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat langsung dilaksanakan kepada masyarakat melalui metode ilmiah yang berorientasi pada pemecahan masalah. Secara umum, tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema: “Demo sains: aplikasi pemahaman dasar sains dalam aktivitas sehari-hari kepada siswa SMA Negeri 42 Maluku Tengah ” adalah menumbuhkan minat siswa terhadap ilmu sains dengan mendemokan kejadian sehari-hari yang dapat dijelaskan dengan ilmu sains. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian ini adalah 50 orang siswa . Materi permainan sains yang digunakan adalah 7 materi yang didemonstrasikan oleh tim dosen di depan para siswa di ruang kelas. Metode yang dilakukan adalah pertunjukkan percobaan sains yang diselingi dengan ceramah dan diskusi serta melibatkan beberapa siswa/i untuk langsung mencoba permainan sains yang sedang dilakukan. Para siswa menunjukkan antusias yang tinggi dengan cara berlomba untuk mempraktekkan percobaan dan banyak memberikan pertanyaan tentang materi yang dipraktekkan. Kegiaan ini juga dapat mempermudah guru ketika menjelaskan tentang materi ajar yang sudah dipraktekkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

icsj

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian pada Masyarakat yang diterbitkan oleh Universitas Pattimura Jurusan Kimia FMIPA. Jurnal ini berisi hasil-hasil penghiliran penelitian pada bidang sains, teknologi, agrokompleks, keguruan dan ilmu pendidikan teknosains, sosbudkum dan diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada ...