Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2021): Mei - Agustus

Pelatihan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas di SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi

Dariyanto Dariyanto (Unknown)
Suharjuddin Suharjuddin (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Awiria Awiria (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Memberikan motivasi dan penyegaran kepada para guru dalam menulis karya ilmiah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu upaya mengembangkan kompetensi pedagogik guru. Beberapa masalah penulisan karya ilmiah seperti PTK menjadi kebutuhan yang belum terurai dan terselesaikan oleh guru-guru di SDN Teluk Pucung Kota Bekasi. Berbagai masalah: belum terampilnya guru dalam mengoperasikan media komputer ataupun laptop; banyaknya tugas mengajar sebagai pendidik dan pengajar yang cukup menguras waktu, tenaga dan pikiran, dan kegamangan dalam melakukan penelitian menjadi problem utama untuk dapat melaksanakan PTK. Hasilnya para peserta workshop, guru sangat termotivasi untuk mengimplementasikan PTK dengan cara berkolaborasi antar guru atau teman sejawat. Pelaksanaan workshop lanjutan dengan tema PTK masih sangat diperlukan oleh para guru SD agar tradisi meneliti dan menulis PTK menjadi wahana untuk mengembangkan kompetensi pedagogik dan membudayakan penelitian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ipmas

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat (IPMAS) merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif ...