Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat
Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember

Pendampingan dan Pengenalan Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar

Muhamad Idham Rusdi (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Dianradika Prasti (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Abdul Rais (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penggunaan teknologi Augmented Reality pada dunia pendidikan menjadi sangat berkembang dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, dengan banyak manfaat diantaranya meningkatkan minat, motivasi, interaksi, kepuasan dan pengalaman siswa dalam belajar. Aplikasi media pembelajaran buku tematik Kelas 1 SD berbasis Augmented Reality merupakan hasil penelitian yang dapat menjadi materi bantu dalam pelajaran ditingkat Sekolah Dasar. Melalui pengabdian kepada masyarakat ini telah dilakukan penerapan aplikasi mefia ajar berbasis augmented reality sebagai media ajar interaktif untuk kelas 1 pada SD Negeri 1 Lalebbata, di mana sekolah ini menerapkan kurikulum 2013 dan terdapat tema 2 kegemaranku yang memuat subtema gemar berolah raga, gemar bernyanyi dan menari, gemar menggambar dan gemar membaca. Melalui metode ceramah, tanya jawab dan praktik simulasi menggunakan aplikasi augmented reality langsung kepada siswa tingkat kelas 1 (satu) dengan dibantu oleh beberapa mahasiswa saat pelaksanaan kegiatan dapat mempercepat pemahaman dan penyampaian materi sub tema 1 Gemar berolah raga, selain juga sebagai alternatif dan penambah media pembelajaran buku teks yang telah ada.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ipmas

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat (IPMAS) merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif ...