Penelitian ini mendiskripsikan tentang prestasi belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Stad pada materi Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Ideologi Negara Siswa Kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 26. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok dengan pemberian Tes.proses pelaksanaan melalui empat tahap dalam dua siklus melalui dari perencanaan, (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting).Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar penilaian, lembar observasi dan tes essay Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, rumus mean atau rata-rata. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah Meningkatkan ketuntasan belajar mata pelajaran PKn.berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentasi ketuntasan belajar yang dikerjakan kelompok siswa pada siklus pertama adalah 77,80%, sedangkan prosentase ketuntasan belajar pada siklus kedua adalah 88,46% Dengan data tersebut menunjukkan bahwa Pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil prestasi belajar PKN siswa kelas 8 SMPN 3 Geger Kabupaten Madiun pada Semester Ganjil. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan guru dalam pembelajaran di kelas sehingga diharapkan bisa meningkatkan prestasi belajar siswa yang lain atau pada mata pelajaran yang lain.
Copyrights © 2021