QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 14, No 2 (2023): Oktober 2023

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PERAN PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP KEBERLANJUTAN DALAM KONTEKS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD)

Febrizal Febrizal (Universitas Pendidikan Indonesia)
Hernani Hernani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ahmad Mudzakir (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya studi literatur mengenai bagaimana keberlanjutan penting untuk didukung dalam sebuah pembelajaran di tingkat formal. Tujuan utama  dalam penelitian ini adalah mengkaji upaya-upaya yang dilakukan untuk mewujudkan keberlanjutan melalui pembelajaran kimia. Peran ini difokuskan dalam dua hal yaitu  Melalui pembelajaran kimia ramah lingkungan yang kemudian dapat diterapkan dalam dunia industri maupun kehidupan sehari-hari dan peningkatan kesadaran lingkungan dan kesadaran keberlanjutan. Metode  yang  digunakan  yaitu  systematic  literature  review, yang terdiri atas tiga tahap yaitu planning, conducting, dan reporting. Tahap planning berupa penetapan protokol meliputi penentuan topik dan penetapan kriteria pencarian artikel, Tahap conducting yaitu pelaksanaan meliputi pencarian artikel, pemilihan artikel,  dan  sintesis  data.  Tahap  reporting  yaitu  tahapan  akhir yang meliputi penulisan hasil  systematic literature review  sesuai dengan format yang telah ditentukan. Hasil yang diperoleh dari 10 artikel yang dikaji menunjukkan bahwa beberapa peran kimia dalam menjaga keberlanjutan melalui pembelajaran kimia berorientasi praktik yang ramah lingkungan dan dari 15 artikel yang dikaji menunjukkan hubungan pembelajaran dalam konteks ESD dengan kesadaran lingkungan (Evironmental awareness) kesadaran keberlanjutan (Sustainability awareness).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...