Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya studi literatur mengenai bagaimana keberlanjutan penting untuk didukung dalam sebuah pembelajaran di tingkat formal. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengkaji upaya-upaya yang dilakukan untuk mewujudkan keberlanjutan melalui pembelajaran kimia. Peran ini difokuskan dalam dua hal yaitu Melalui pembelajaran kimia ramah lingkungan yang kemudian dapat diterapkan dalam dunia industri maupun kehidupan sehari-hari dan peningkatan kesadaran lingkungan dan kesadaran keberlanjutan. Metode yang digunakan yaitu systematic literature review, yang terdiri atas tiga tahap yaitu planning, conducting, dan reporting. Tahap planning berupa penetapan protokol meliputi penentuan topik dan penetapan kriteria pencarian artikel, Tahap conducting yaitu pelaksanaan meliputi pencarian artikel, pemilihan artikel, dan sintesis data. Tahap reporting yaitu tahapan akhir yang meliputi penulisan hasil systematic literature review sesuai dengan format yang telah ditentukan. Hasil yang diperoleh dari 10 artikel yang dikaji menunjukkan bahwa beberapa peran kimia dalam menjaga keberlanjutan melalui pembelajaran kimia berorientasi praktik yang ramah lingkungan dan dari 15 artikel yang dikaji menunjukkan hubungan pembelajaran dalam konteks ESD dengan kesadaran lingkungan (Evironmental awareness) kesadaran keberlanjutan (Sustainability awareness).
Copyrights © 2023