Jurnal Kualitas Pendidikan
Vol 2 No 1 (2024)

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PENGENDALIAN DIRI SISWA KELAS VIII MTS SWASTA ISTIQLAL DELI TUA

Alya Fahira (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Ramadhan Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Purbatua Manurung (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan pengendalian diri siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain pre eksperimen dengan metode pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Swasta Istiqlal dengan jumlah sampel 14 siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan peningkatan pengendalian diri siswa di MTs Swasta Istiqlal, hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t-test diperoleh t hitung sebesar 18,191 dan t tabel sebesar 1,771 atau sign 0,000 < 0,05 sehingga t hitung lebih besar dari t tabel (18,191 > 1,771) dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan uji t-test dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok yang artinya ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan pengendalian diri siswa kelas VIII MTs Swasta Istiqlal Delitua.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Kualitas pendidikan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...