Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: menganalisis apakah efektif teknik role-playing dalam layanan bimbingan kelompok terhadap pengembangan kepercayaan diri siswa kelas VII MTs Negeri Sibolga. Jenis penelitian inni kuantitatif Pre-Experimental Design dengan design One Group Pretetst-Posttest Design. subyek penelitian ini adala siswa siswi kelas VII MTs Negeri Sibolga yang berjumlah 38 siswa, adapun teknik pengambilan sample menggunakan Simple Random Sampling (Sederhana).Data penelitian ini menggunakan angket kepercayan diri berjumlah 40 item pertanyaan yang telah valid dan realible kemudian data dianalisis menggunakan uji SPSS. Data Pre-test diperoleh skor rata-rata 116,8. Sedangkan data post-test diperoleh skor rata-rata 126,7. Dari hasil analisis data menggunakan uji paired sampel t-test dapat diperoleh besarnya korelasi 0,756 dengan signifikansi 0,000. Karena signifikansi < 0,05, maka Ho ditolak, yang berarti Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikansi oleh penerapan teknik role-playing dalam layanan bimbingan kelompok dalam pengembangkan kepercayaan diri siswa kelas VII di Mts Negeri Sibolga.
Copyrights © 2024