Journal of The Civil Engineering Student
Vol 4, No 1 (2022): Volume 4 Nomor 1 April 2022

DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG MENGGUNAKAN DATA KALENDERING DAN DATA SPT (STUDI KASUS PROYEK JEMBATAN BINTAH ACEH JAYA)

Cut Lutfia Khalisa (Jurusan Teknik Sipil, Universitas Syiah Kuala)
Halida Yunita (Jurusan Teknik Sipil, Universitas Syiah Kuala)
Munira Sungkar (Jurusan Teknik Sipil, Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Pondasi merupakan bagian dari konstruksi jembatan yang berfungsi untuk menyalurkan beban dari bangunan di atasnya ke lapisan tanah dasar di bawah pondasi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis perhitungan daya dukung izin pondasi dan mengetahui apakah perencanaan daya dukung yang dilakukan aman atau tidak. Objek yang menjadi tinjauan dalam penelitian ini adalah Jembatan Bintah. Analisis  daya dukung pondasi tiang pancang dihitung menggunakan 5 metode dinamis yaitu metode Janbu, AASHTO, ENR-Modified, Navy-Mckay dan Eytelwein berdasarkan data kalendering serta metode Meyerhof berdasarkan data SPT.Perhitungan daya dukung pondasi tiang pancang ini menggunakan metode dinamis berdasarkan data kalendering dan metode Meyerhof berdasarkan data pengujian SPT berupa nilai N-SPT. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah nilai nilai daya dukung metode dinamis terbesar didapatkan dari metode AASHTO pada titik P-34 yaitu sebesar 7500 ton dengan nilai final set 0,5 mm dan nilai daya dukung terendah diperoleh dari metode Janbu pada pilar 1 yaitu sebesar 133,517 ton dengan nilai final set 6 mm. Dari perhitungan dengan menggunakan data SPT, didapat nilai daya dukung pada data BOR-01 sebesar 154,069 ton dan pada data SPT BOR-02 sebesar 153,232 ton. Hampir semua perhitungan statis lebih kecil dari perhitungan dinamis sehingga perencanaan dapat dikatakan aman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CES

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Journal of The Civil Engineering Student (JOCES) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala. Jurnal ini memuat artikel dari hasil tugas akhir mahasiswa/i di Jurusan Teknik Sipil untuk dipublikasikan, baik dari Universitas ...