Journal of The Civil Engineering Student
Vol 3, No 2 (2021): Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021

Penilaian Persepsi Aspek Lingkungan Pada Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Provinsi Aceh dengan Method Of Successive Interval (MSI)

cut rizki noor annisa (syiah kuala university)
Buraida Buraida (Universitas Syiah Kuala)
Febriyanti Maulina (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Tingginya penggunaan pesawat terbang di Indonesia, mengharuskanpemerintah lebih memperhatikan mengenai bandara. Upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan konsep bandara ramah lingkungan (eco airport). Saat ini,Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda belum termasuk dalam bandara yang telah menerapkan konsep eco airport. Oleh karena itu, perlu dilakukannya tinjauan penilaian terhadap penerapan konsep eco airport. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa besar persepsi dan penerapan konsep eco airport pada Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Penelitian dilakukan di Gedung Terminal Penumpang Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh dengan jumlah responden sebanyak 120 orang. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuisioner dan data sekunder berupa data yang diperoleh dari hasil penelitian kepustakaan, kajian-kajian literatur dan jurnal-jurnal. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai rata-rata persepsi responden pengunjung terhadap penerapan konsep eco airport sebesar 56,91% yang dikategorikan cukup, dan persepsi responden pegawai bandara sebesar 52,85% yang dikategorikan cukup. Manfaat dari penelitian ini kepada pengelola bandara yaitu sebagai informasi agar dapat diterapkannya konsep eco airport yang sebaik-baiknya pada bandara dan memberikan pula informasi bagi pembaca mengenai eco airport.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CES

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Journal of The Civil Engineering Student (JOCES) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala. Jurnal ini memuat artikel dari hasil tugas akhir mahasiswa/i di Jurusan Teknik Sipil untuk dipublikasikan, baik dari Universitas ...