Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 4, No 2 (2023): November 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023

Herman Herman (STKIP Bima)
Nurfathurrahmah Nurfathurrahmah (STKIP Bima)
Anita Rahmawati (STKIP Bima)
Erni Suryani (STKIP Harapan Bima)
Oda Apriliani Kartini (STKIP Harapan Bima)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melalui desain Posttest Only Control Group Design. Populasi terdiri dari 3 kelas seluruhnya berjumlah 96 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling yang terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Tehnik pengumpulan data hasil belajar menggunakan soal tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan rumus Uji t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum mendapatkan perlakuan dan hasil belajar siswa yang setelah mendapatkan perlakuan (thitung = 3,378 ttabel = 1,684). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...