Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan revolusi karakter bangsa melalui pendidikan untuk mengembangkan warga negara yang baik. Konteks penelitian ada dalam situasi Indonesia yang mulai dihadapkan pada persoalan krisis moral yang dapat menghambat pembangunan dan keberlangsungan bangsa di masa yang akan datang. Krisis moral terjadi di seluruh jenjang usia dan hampir di seluruh penjuru daerah di Indonesia. Gambaran dalam pembentukan karakter bangsa yang baik diimplementasikan nilai-nilai pendidikan kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Sumber data diperoleh dari jurnal dan pendapat-pendapat para ahli. Berdasarkan hasil analisis didapatkan yaitu: pertama, nilai-nilai pendidikan karakter banyak terintegrasi di dalam pendidikan terlebih pendidikan kewarganegaraan. Hasil yang kedua, pengembangan good citizen dapat dicapai melalui pendidikan dengan membentuk karakter bangsa yang berilmu tinggi, memiliki keterampilan, etika dan partisipasi yang baik di masyarakat. Rekomendasi penelitian yaitu pendidikan karakter hendaknya mulai dipatuhi dan diimplementasikan terutama para pelajar dan mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari untuk perubahan menuju arah yang lebih baik.
Copyrights © 2022