Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora
Vol. 2 No. 2 (2022): Juli

Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila (Studi Kasus Mahasiswa PGSD UPI Kampus Cibiru)

Azahra Dewanti Galuh (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dinie Anggraeni Dewi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pemahaman mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Indonesia kampus Cibiru tentang nilai-nilai Pancasila yang telah diajarkan melalui pendidikan Pancasila. Seperti yang diketahui bahwa pendidikan merupakan suatu usaha secara sadar dan terencana untuk bisa merealisasikan potensi yang dimiliki setiap individu. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Studi kasus digunakan untuk memberikan pemahaman pada sesuatu yang menarik perhatian dan mampu memahami kompleksitas satu kasus. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pengumpulan data secara online melalui google form. Temuan penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswa PGSD Universitas Pendidikan Indonesia kampus Cibiru sudah bisa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang telah diajarkan melalui pendidikan Pancasila. Implementasi nilai-nilai Pancasila berupa melaksanakan kewajiban sesuai ajaran agama yang dianut, hidup toleransi, peduli sosial, sopan, dan santun. Rekomendasi penelitian ini yaitu dukungan dan upaya masih dibutuhkan agar nilai-nilai Pancasila bisa terus diwariskan kepada generasi muda untuk bisa menjadi bangsa yang kuat.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

rhizome

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora adalah jurnal penelitian yang bergerak sebagai jaringan akar keilmuan yang merambah di bidang ilmu-ilmu humaniora, termasuk di bidang antropologi, linguistik, seni klasik & kontemporer, sosial-politik, tradisi lisan, filologi, sastra. Rhizome menyediakan ruang ...