Jurnal Manajemen Agribisnis Terapan
Vol 1 No 2 (2023)

Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Menggunakan Metode Bauran Pemasaran di CV XYZ Kabupaten Lampung Selatan

Delsi veronica (politeknik negeri lampung)
Fitriani Fitriani (politeknik negeri lampung)
Luluk Irawati (politeknik negeri lampung)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

CV XYZ merupakan salah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan ayam petelur. Tugas akhir ini bertujuan untuk menguraikan proses produksi telur di CV XYZ, proses pemasaran telur CV XYZ dan menganalisis strategi pemasaran telur ayam ras di CV XYZ menggunakan metode bauran pemasaran 4P (product, price, placedan promotion). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir adalah dengan cara melakukan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan pencatatan selama kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) berlangsung Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menjelaskan bauran pemasaran. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Proses produksi yang dilakukan meliputi sanitasi kandang, pemberian dan perataan pakan ayam, pemberian vaksin dan vitamin serta kegiatan panen. 2). Proses pemasaran yang dilakukan terdiri dari persiapan produk, rekaman permintaan serta jadwal pengiriman dan transportasi. 3). Metode bauran pemasaran yang dilakukan adalah 4P yang meliputi Product, price, place, dan promotion. Produk yang dijual memiliki keunggulan memiliki NKV, telah lulus uji laboratorium dan memiliki produk unggulan telur omega 3 dan dijual dengan harga yang ditetapkan oleh Pinsar Petelur Nasional (PPN). Saluran distribusi yang digunakan adalah distribusi langsung dan saluran distribusi secara tidak langsung. Promosi yang dilakukan oleh CV XYZ adalah dengan menawarkan secara langsung kerja sama untuk penjualan produk mereka kepada pengelola pasar-pasar moderen dan calon konsumen lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jumaat

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

- Agribusiness, - Agriculture Economics, - Rural Development, - Rural Sociology, - Risk Management, - Agriculture Extension, - Financial Management, - Marketing Management, - Human Resource Management, - Strategic Management, - ...