Majalah Kedokteran Andalas
Vol 46, No 8 (2024): Online Januari 2024

Hubungan Ekspresi PD-L1 dengan Derajat Diferensiasi dan Staging Karsinoma Sel Skuamosa Paru di RSUP Dr.M.Djamil Padang

iftahillah - iftahillah (Departemen patologi Anatomi, Fakultas kedokteran Universitas Andalas, Padang, Indonesia)
aswiyanti - asri (1.Departemen patologi Anatomi, Fakultas kedokteran Universitas Andalas, Padang, Indonesia 2.Departemen patologi Anatomi, RSUP Dr.M.Djamil Padang, Indonesia)
yenita - yenita (1.Departemen patologi Anatomi, Fakultas kedokteran Universitas Andalas, Padang, Indonesia 2.Departemen patologi Anatomi, RSUP Dr.M.Djamil Padang, Indonesia)
Henny - Mulyani (1.Departemen patologi Anatomi, Fakultas kedokteran Universitas Andalas, Padang, Indonesia 2.Departemen patologi Anatomi, RSUP Dr.M.Djamil Padang, Indonesia)
Afriani - Afriani (1.Departemen pulmonologi, Fakultas kedokteran Universitas Andalas, Padang, Indonesia 2.Departemen pulmonologi, RSUP Dr.M.Djamil Padang, Indonesia)
sondang - nora (1.Departemen Ilmu Bedah, Fakultas Kedokteran, Universitas Jambi)
Husna - Yetti (Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, Padang)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2024

Abstract

AbstrakTujuan: mengetahui hubungan ekspresi PD-L1 dengan derajat diferensiasi dan staging karsinoma sel skuamosa (KSS) paru di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional study, sampel sebanyak 35 kasus KSS paru yang telah didiagnosis periode Januari 2022 – Mei 2023. Sampel diperoleh secara simple random sampling dari blok paraffin yang berasal dari jaringan tumor. Dilakukan penilaian ulang pada slaid histopatologik untuk menilai derajat diferensiasi dan data staging didapat dari rekam medis pasien. Ekspresi PD-L1 pada sel tumor dilihat dengan pemeriksaan imunohistokimia. Untuk mengetahui korelasi dilakukan uji analisis statistik bivariat menggunakan uji chi square dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Hasil: Dari 35 kasus, didapatkan ekspresi PD-L1 tinggi pada derajat diferensiasi buruk (89,5%) dan derajat diferensiasi baik-sedang (50%). Pada staging lanjut, ekspresi PD-L1 rendah-sedang, tinggi secara berturut-turut (75 %, 100 %) dibandingkan ekspresi PD-L1 staging awal yaitu ekpresi rendah-sedang (20%). Secara statistik, terdapat hubungan yang bermakna antara ekspresi PD-L1 dengan derajat diferensiasi dengan nilai p=0,022. Terdapat juga hubungan yang bermakna antara ekspresi PD-L1 dengan staging dengan nilai p=0,035. Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara ekspresi PD-L1 dengan derajat diferensiasi dan staging KSS paru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

art

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Majalah Kedokteran Andalas (MKA) (p-ISSN: 0126-2092, e-ISSN: 2442-5230) is a peer-reviewed, open-access national journal published by Faculty of Medicine, Universitas Andalas and is dedicated to publish and disseminate research articles, literature reviews, and case reports, in the field of medicine ...