Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
Vol 3 No 1 (2021): Vol 3 No 1 Maret 2021

MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

mutia novitasari hutagalung (IPTS TAPSEL)
Dedes Asriani Siregar (Unknown)
Sari Wahyuni Rozi Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di Kelas XI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi ksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 61 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKJ1 sebagai kelas Kontrol dan kelas X TKJ2 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 61 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: “Terdapat hubungan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan hasil uji signifikan dimana thitung ttabel(1,87 1,7, dengan Hipotesis alternatif ( diterima dan ditolak”. Berdasarkan hasil tersebut, maka Penggunaan model pembelajaran Inquiry berhubungan terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI. Kata-kata kunci:Model Pembelajaran Inquiry, Fluida Statis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SENAR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Physics Other

Description

Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas ...