Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Metode Inquiry Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelas A PAUD Berlian Desa Suka Damai Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Adapun yang menjadi permasalahan di dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode inquiry terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Berlian Desa Suka Damai Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 15 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil hipotesis didapatkan setelah dilakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis hasil penelitian. Hasil analisis data dalam pembuktian uji hipotesis diperoleh thitung = 34,39 sedangkan dk = 15 + 15 – 2 = 28 dengan taraf nyata 0,025 sehingga didapat ttabel = 2,145. Sehingga dapat disimpulkan thitung ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode inquiry terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Berlian Desa Suka Damai Kecamatan Pangkalan Lampam.
Copyrights © 2024