Guru Membangun
Vol 41, No 2 (2022): Volume 41 Number 2, Desember 2022

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Atika Anggraini (Institut Agama Islam Negeri Kediri)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model problem solving  berbasis PTK LS terhadap keterampilan berpikir kritis.  Jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study (LS) yang dilakukan pada dua siklus. Satu siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang terintegrasi dengan kegiatan LS (plan, do, dan see). Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Biologi semester ganjil yang menempuh mata kuliah fisiologi manusia kelas I berjumlah 25 mahasiswa. Sumber data berasal dari mahasiswa, observer berjumlah tiga. Hasil penelitian diperoleh Skor N-Gain mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 0,7 dengan kategori sedang mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran oleh dosen mencapai 97% pada siklus 2, sedangkan keterlaksanaan pembelajaran oleh mahasiswa mencapai 91% pada siklus 2. Kemampuan berpikir kritis mahasiswa biologi meningkat pada siklus ke-2 dari penerapan problem solving berbasis PTK lesson study (LS)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jgmm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Guru Membangun terbit pertama kali sekitar tahun 1990-an yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak. Pada perjalanannya, setelah mendapatkan issn versi cetak, jurnal ini mengalami kekosongan terbitan, sehingga ada beberapa tahun jurnal mengalami "mati suri". Di ...