Jurnal Ilmiah Kurva Teknik
Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Kurva Teknik

Perencanaan Desain Parkir Pada Kawasan Objek Wisata Pantai Kedungu Tabanan

I Ketut Sudipta Giri (Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Cokorda Putra Wirasutama (Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar)
I Wayan Gede Darma Yoga (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Ida Bagus Gede Mahardika (Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Parkir merupakan keadaantidak bergerak dari suatu kendaran yang bersifat sementara dengan jangka waktu tertentu karena ditinggalkan oleh pengemudinya. Parkir yang terdapat di Pantai Kedungu Tabanan saat ini merupakan ruang parkir yang dimiliki Pantai Kedungu Tabanan. Seiring berkembangnya Objek Wisata Pantai Kedungu Tabanan, penataan di Kawasan tersebut wajib diperhatikan. Penelitian ini berfokus pada perencanaan tata letak ruang parkir kendaraan roda dua serta kendaraan roda empat di Kawasan Areal Parkir Objek Wisata Pantai Kedungu Tabanan, karena parkir merupakan salah satu penunjang pariwisata agar pengunjung dapat merasakan kenyamanan serta dapat mewujudkan pola parkir yang memadai. Jenis data yang digunakan dalam perencanaan kebutuhan ruang parkir pada pantai Kedungu adalah data primer dan sekunder. Data primer yang digunakan adalah data survey inventaris ruang parkir dan survey keluar masuk kendaraan, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi yang terkait seperti kantor Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan sebagai pengelola area parkir tersebut yang meliputi luas areal parkir penelitian. Disain parkir setelah dilakukan perencanaan dan pengoptimalan lahan menghasilkan pola parkir untuk kendaraan roda dua berjumlah 1 blok (A) membentuk pola/sudut parkir 45° dengan SRP kendaraan roda dua yaitu 0,75 m x 2 m, dan lebar gang / manuver 2,3 m. sedangkan untuk kendaraan roda empat berjumlah 2 blok (B dan C) membentuk pola/sudut parkir 45° dengan menggunakan SRP kendaraan roda empat golongan II yaitu 5 m x 2,5 m. lebar gang / manuver sebesar 4 m.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikt

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Ilmiah Kurva Teknik merupakan media untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian murni atau terapan dalam arti luas tentang aspek Teknik Sipil mulai dari perencanaan (desain), pelaksanaan, pengawasan, operasional, maintenance, maupun manajemen konstruksi baik yang menyangkut bahan/material ...