Jurnal Pendidikan Anak
Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Anak

Praktik unplugged coding berbasis daily lives dalam meningkatkan computational thinking pada anak usia dini

Qonitah Faizatul Fitriyah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Lutfiana Rahmadhania Saputri (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Havida Inaya Aljawad (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2023

Abstract

Skill computational thinking lebih baik distimulasi sejak usia dini, namun beberapa kasus di Indonesia masih belum mencerminkan serta menggambarkan kegiatan yang dapat digunakan guru untuk mengembangkan computational thinking pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan computational thinking pada anak melalui kegiatan unplugged coding berbasis daily lives. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian ini melaporkan bahwa terdapat empat aspek yang dapat terlihat dalam kegiatan unplugged coding, yaitu 1) anak terbiasa dengan instruksi dan arahan, 2) anak mampu mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi, 3) anak terbiasa menceritakan kembali, 4) anak mampu membagi tugas (modularitas) secara mandiri dan diskusi dengan reman sebaya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa skill computational thinking pada anak usia 5-6 tahun berkembang dengan mengimplementasikan kegiatan unplugged coding berbasis daily lives.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...