Jurnal Pendidikan Anak
Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Anak

Penerapan metode bercerita dengan media big book kalender untuk meningkatkan perkembangan anak

Nita Triutami (Universitas Negeri Surabaya)
Sri Widayati (Universitas Negeri Surabaya)
Dewi Komalasari (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Sebagian guru PAUD menerapkan metode bercerita dengan buku cerita bergambar biasa, sehingga kurang menarik bagi anak untuk memperhatikan dan menyimak cerita. Tujun penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode bercerita dengan media big book kalender untuk meningkatkan perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan guru kelas, observasi terhadap perkembangan anak, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dengan media big book dapat meningkatkan perkembangan nilai agama moral, sosial emosional, kognitif dan bahasa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...