Jurnal Edu Research
Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Pendidikan

PENERAPAN STRATEGI BELAJAR DENGAR LIHAT KERJAKAN (DELIKAN) BERBASIS LABORATORIUM MINI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA SMA KELAS X MIA

-, Sohibun (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2015

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran penggunaan strategi pembelajaran dengar-lihat-lakukan (DeLiKan) berbasis labortorium mini terhadap keterampilan prosessains (KPS) siswa pada materi besaran dan satuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain “one shot case study” yang dilaksanakan di kelas X MIA 1 salah satuSMA di kabupaten Rokan Hulu Riau pada tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan proses sains Berdasarkan hasil analisis data diperoleh indikatorKPS sebesar: mengamati 89.23%, berkomunikasi 59.49%, meramalkan 10.26%, menafsirkan pengamatan 33.33% dan menerapkan konsep 85.32%%. Disimpulkan dari hasil penelitian bahwapembelajaran dengan strategi pembelajaran dengar-lihat-lakukan (DeLiKan) berbasis laboratorium mini, berdampak baik pada keterampilan proses sains (KPS) siswa.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

EDU

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Research diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. Edu Research terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan ...