Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran penggunaan strategi pembelajaran dengar-lihat-lakukan (DeLiKan) berbasis labortorium mini terhadap keterampilan prosessains (KPS) siswa pada materi besaran dan satuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain “one shot case study†yang dilaksanakan di kelas X MIA 1 salah satuSMA di kabupaten Rokan Hulu Riau pada tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan proses sains Berdasarkan hasil analisis data diperoleh indikatorKPS sebesar: mengamati 89.23%, berkomunikasi 59.49%, meramalkan 10.26%, menafsirkan pengamatan 33.33% dan menerapkan konsep 85.32%%. Disimpulkan dari hasil penelitian bahwapembelajaran dengan strategi pembelajaran dengar-lihat-lakukan (DeLiKan) berbasis laboratorium mini, berdampak baik pada keterampilan proses sains (KPS) siswa.
Copyrights © 2014