Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak pandemi COVID-19 ditinjau dari prosespembelajaran yang dirasakan oleh pendidik PAUD. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui kendala internal dan eksternal serta strategi guru PAUD mengajar pada masapandemi. Desain penelitian menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan datadilakukan melalui observasi secara langsung, wawancara tidak terstruktur, dan studidokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitianmenunjukkan: bahwa, (1) Guru tidak siap dalam mengajar pada masa pandemi karenaguru tidak mampu menyediakan seluruh perangkat pembelajaran secara lengkap,(2)Kendala eksternal yang guru rasakan selama mengajar daring, diantaranya kurangpartisipasi orang tua dalam mendampingi anak, keterbatasan fasilitas sarana danprasarana di rumah, dan ketidakstabilan jaringan internet, (3) Strategi yang guru lakukandalam mengatasi orang tua yang kurang berpartisipasi dalam mendampingi anak belajardi rumah dengan menelepon orang tua, minimnya sarana belajar di rumah, ditanganidengan strategi home-visit mengantarkan tugas mingguan untuk anak, serta keterbatasanjaringan internet dengan mencari tempat yang memiliki internet yang stabil. Dengandemikian, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian tentang gambarankendala dan strategi guru dalam mengajar di masa pandemi COVID-19.
Copyrights © 2023