Media Informasi
Vol. 20 No. 1 (2024): Mei

Analisis Karakteristik Pasien terhadap Kepuasan Pelayanan Bidan pada Masa Pandemi Covid-19 di Ruang KIA

Wilanda Apriana (Universitas Sari Mulia)
Ika Friscila (Universitas Sari Mulia)
Siti Noor Hasanah (Universitas Sari Mulia)
Muhammad Arief Wijaksono (Universitas Sari Mulia)
Tati Herawaty (Puskesmas Alalak Selatan)
Sarah Nabila (Universitas Sari Mulia)
Anis Dwi Winarti (Universitas Sari Mulia)
Rif’ah (Universitas Sari Mulia)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Latar Belakang: Selama pandemi covid-19, pelayanan kebidanan harus berjalan secara optimal, aman bagi pasien dan bidan dengan panduan penanganan covid atau protokol kesehatan. Pelayanan bidan yang efektif dan efisien kepada pasien merupakan upaya penerapan bagian manajemen Puskesmas yang baik dengan orientasi pada mutu pelayanan bagi masyarakat.. Tujuan: Menganalisis karakteristik pasien terhadap kepuasan pelayanan bidan pada masa pandemi covid-19 di Ruang KIA Puskesmas Alalak Selatan. Metode: Pendekatan cross-sectional, Waktu penelitian dari 11 Januari hingga 5 Februari 2022. Responden berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis bivariat menggunakan uji Kendal’s Tau-b.. Hasil: Hasil analisis univariat yaitu 76,7% responden sangat puas dan 23,3% kategori puas. Karakteristik responden berdasarkan paritas multipara sebesar 60% dan primpara 40. Pekerjaan pada kategori tidak bekerja (70%) dan bekerja (70%). Hasil analisis bivariat didapatkan bahwa tidak ada hubungan antara paritas maupun pekerjaan terhadap kepuasan pasien pada pelayanan bidan masa pandemi Covid-19 di Ruang KIA Puskesmas Alalak Selatan (Paritas p value = 0,862; pekerjaan p value = 0,308). Kesimpulan: Pasien yang mendapatkan pelayanan bidan dengan protokol covid-19 di masa pandemi sebagian besar menyatakan sangat puas terhadap pelayanan kebidanan yang sudah diberikan oleh bidan. Hal ini tidak berhubungan dengan karakteristik pasien (paritas atau pekerjaan). Kualitas pelayanan dapat ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang semakin berkualitas kepada masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bmi

Publisher

Subject

Dentistry Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Media informasi sebelumnya di OJS versi 2 dan mulai edisi Vol 18 No. 1 tahun 2022 beralih ke OJS Versi 3.. Sehingga perlu peubahan data/ update data. Media Informasi merupakan artikel kesehatan secara umum dengan sub bidang Keilmuan: Keperawatan, Kebidanan, Keperawatan, Keperawatan Gigi, Gizi, ...