Research in Education and Technology (REGY)
Vol. 1 No. 1 (2022): Research in Education and Technology (REGY)

Penerapan Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Design Grafis

Erwinsyah Simanungkalit (Politeknik Negeri Medan)
Jenny Sari Tarigan (Politeknik Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam mata kuliah design grafis. Penelitian ini dilaksanakan di Politeknik Negeri Medah. Masalah penelitian ini adalah bagaimana mengahasilkan siswa/siswi yang kompeten dalam bidang design grafis dengan menggunakan model pembelajaran PjBL. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Bentuk penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi experimental) yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja yang dinamakan kelompok eksperimen tanpa ada kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah semua siswa semester 3 Program Studi administrasi Bisnis, sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini adalah satu kelas dari keseluruhan populasi yang dipilih secara purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran design grafis nilai skor skor pre-test 9,83 dan post-test 12,63 dari data tersebut dilakukan perhitungan N-Gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang, artinya terdapat peningkatan kemampuan design grafis dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Hasil keterlaksanaan mencapai nilai 95,2 dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

uvw

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The mission of this journal is to disseminate knowledge in the service of practice and accelerate the integration of research, theory, and practice in education. Researchers, scholars, teachers, administrators, specialists, and advanced doctoral students are invited to submit manuscripts that inform ...