cover
Contact Name
Unung Verawardina
Contact Email
thecollaborationuvw@gmail.com
Phone
+6281310048181
Journal Mail Official
thecollaborationuvw@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kp Baru, Perumahan Alana Residence 3, Blok C/21, Katapiang, Batang Anai, Kab. Padang Pariaman, Sumatra Barat, Indonesia Kode Pos 25586
Location
Kab. padang pariaman,
Sumatera barat
INDONESIA
Research in Education and Technology (REGY)
ISSN : 29630002     EISSN : 29630010     DOI : https://doi.org/10.62590/regy.v2i1
Core Subject : Education,
The mission of this journal is to disseminate knowledge in the service of practice and accelerate the integration of research, theory, and practice in education. Researchers, scholars, teachers, administrators, specialists, and advanced doctoral students are invited to submit manuscripts that inform the education of students, teachers, and other professionals. This journal prioritizes the publication of manuscripts related to education and technology as follows: - Teaching and Learning - Learning Methodologies - Learning Assessment - Learning Technologies - Learning Media - Curriculum - Instructional Design - Learning Management - Pedagogic and Educational Approached - Model of Learning - Information and communication technology
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 31 Documents
Kontribusi Cara Belajar Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Dochi Ramadhani; Khairul Anshari
Research in Education and Technology (REGY) Vol. 1 No. 1 (2022): Research in Education and Technology (REGY)
Publisher : PT The Collaboration UVW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62590/regy.v1i1.1

Abstract

Hasil Penerapan Dasar-Dasar Elektronika kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) Metode dan media pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar Penerapan Dasar-Dasar Elektronika kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. 2) Metode pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar Penerapan Dasar-Dasar Elektronika kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang 3) Media pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar Penerapan Dasar-Dasar Elektronika kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini melibatkan 37 responden siswa kelas X TAV SMK 1 Padang. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data hasil belajar guru mata pelajaran Penerapan Dasar-Dasar Elektronika, sedangkan data metode pembelajaran dan media pembelajaran dikumpulkan melalui angket menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode statistik untuk menganalisis korelasinya. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Metode dan media pembelajaran memberikan kontribusi sebesar 42% terhadap hasil belajar, 2) Cara belajar memberikan kontribusi sebesar 34% terhadap hasil belajar, 3) Media pembelajaran memberikan kontribusi sebesar 33% terhadap hasil belajar Penerapan Dasar-Dasar Elektronika kelas X SMK Negeri 1 Padang.
Kontribusi Motivasi Dan Kesiapan Kerja Di Industri Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektronika FT Universitas Negeri Padang Gustila Rahmatika; Ambiyar Ambiyar
Research in Education and Technology (REGY) Vol. 1 No. 1 (2022): Research in Education and Technology (REGY)
Publisher : PT The Collaboration UVW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62590/regy.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya rata-rata indeks prestasi kumulatif mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektronika, dinama 45% mahasiswa mendapatkan IPK dibawah syarat minimal untuk memasuki dunia indutri yang bergengsi. Syarat minimal IPK untuk memasuki atau bekerja di industri adalah 3,00 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan : (1) Kontribusi motivasi dan kesiapan kerja di industri secara bersama-sama terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektronika, (2) Kontribusi motivasi kerja di industri terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektronika, (3) Kontribusi kesiapan kerja di industri terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektronika. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian korelasional dengan populasi sebanyak 73 mahasiswa. Besarnya sampel yang diambil berdasarkan hasil perhitungan yang diambil secara acak (simple random sampling) adalah 42 mahasiswa. Data indeks prestasi mahasiswa di peroleh dari data di jurusan Teknik Elektronika. Sedangkan data motivasi kerja di industri dan kesiapan kerja di industri dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi motivasi dan kesiapan kerja di industri secara bersama-sama terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa S1 secara signifikan sebesar 59,9% pada taraf kepercayaan 95%. (2) Terdapat kontribusi motivasi kerja di industri terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa S1 sebesar 42,5% pada taraf kepercaayan 95%. (3) Terdapat kontribusi kesiapan kerja di industri terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa S1 sebesar 47,1% pada taraf kepercayaan 95%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa kontribusi yang paling besar terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa S1 adalah faktor motivasi dan kesiapan kerja di industri baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi dan kesiapan kerja di industri merupakan dua faktor yang turut menyumbang terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Hal ini berarti semakin tinggi motivasi dan kesiapan kerja di industri maka indeks prestasi kumulatif mahasiswa pun akan cendrung tinggi, begitu pula sebaliknya.
Disiplin Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika Siswa Kelas XE SMKN 5 Padang Leni Marlina; Havizatil Usni
Research in Education and Technology (REGY) Vol. 1 No. 1 (2022): Research in Education and Technology (REGY)
Publisher : PT The Collaboration UVW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62590/regy.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya rapor belajar mata pelajaran DLE dari beberapa siswa kelas XE di SMKN 5 Padang, dimana 41,67% siswa memperoleh hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Standar mata pelajaran KKM ke DLE adalah 75 dengan skala 0-100. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan kontribusi disiplin belajar siswa dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran DLE siswa kelas XE di SMKN 5 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 96 siswa dan sampel terdiri dari 49 siswa kelas XE SMKN 5 Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data rapor siswa diambil dari guru mata pelajaran DLE di SMKN 5 Padang sedangkan data disiplin belajar siswa dan lingkungan sekolah dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Exell 2007. Hasil analisis data menunjukkan: (1) disiplin belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 26,89% terhadap rapor siswa SMKN 5 Padang tahun pelajaran 2012/2013. (2) Lingkungan sekolah memberikan kontribusi sebesar 24,32 terhadap rapor siswa SMKN 5 Padang. (3) Disiplin belajar dan lingkungan sekolah secara simultan memberikan kontribusi sebesar 36,03% terhadap rapor siswa SMKN 5 Padang.
Kajian Literatur: Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Abad 21 Pada Mata Kuliah Gambar Perencanaan Jurusan Teknik Sipil Hendri Novianto; Nadia Nadawina
Research in Education and Technology (REGY) Vol. 1 No. 1 (2022): Research in Education and Technology (REGY)
Publisher : PT The Collaboration UVW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62590/regy.v1i1.4

Abstract

Mata kuliah gambar perencanaan adalah sebuah matakuliah pada jurusan teknik sipil yang termasuk kompetensi dasar bagi mahasiswa-mahasiswa yang mengambil jurusan teknik sipil ini. Dimana bagian penting nya adalah pemahaman serta kemampuan mahasiswa untuk mengimplementasikan bagaimana perencanaan dari sebuah bangunan itu baik dari segi ukuran, skala serta komponen dari bangunan dapat digambarkan dengan pemanfaatan software yaitu AutoCAD. Seiring perkembangan zaman terutama pada abad 21 ini, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK menjadi hal yang tak terpisahkan terhadap pembelajaran di jenjang perguruan tinggi, dikarenakan keefektifan dari IPTEK sudah teruji dari penelitian-penelitian sebelumnya bahwasanya IPTEK terutama pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini efektif dalam pembelajaran dikarenakan kemudahan dalam akses informasi terutama pada zaman modern yang mana dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat ini. Terkhusus pada matakuliah gambar perencanaan, pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini dapat dilaksanakan dengan pemanfaatan elearning sebagai media akses pembelajaran dan kemudian sebuah e-modul sebagai bahan ajar mobile yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa.
Studi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Abad 21 Pada Mata Kuliah Desain Grafis Pada Perguruan Tinggi Jurusan Teknik Informatika Arden Simeru; Arina Luthfini Lubis
Research in Education and Technology (REGY) Vol. 1 No. 1 (2022): Research in Education and Technology (REGY)
Publisher : PT The Collaboration UVW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62590/regy.v1i1.5

Abstract

Abad 21 atau yang lebih dikenal sebagai zaman modern serta zaman era revolusi industri 4.0 yang mengharuskan tiap-tiap kegiatan yang dilaksanakan mampu memanfaatkan penggunaan mesin atau teknologi otomasi. Terutama teknologi yang paling diharapkan mampu untuk menjadi sebuah keutamaan dalam pemanfaatannya itu sendiri ialah teknologi informasi dan komunikasi. Terlebih jika kita mengacu dan melihat kepada tahun 2019 akhir dimana sebuah virus COVID-19 melanda dunia dan mengharuskan tiap-tiap pekerjaan dilaksanakan dirumah (WFH) untuk mengurangi kontak fisik dan penyebaran virus, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai wadah komunikasi dan penyebaran pemberitahuan dan informasi yang diperlukan. Kemudian untuk matakuliah desain grafis yang mana mahasiswa harus mampu mencobakan secara langsung tata cara membuat sebuah desain dengan memanfaatkan tools-tools serta software yang ada, maka pemanfaatan teknologi informasi ini harus lebih dikembangkan dan dimanfaatkan secara maksimal agar nantinya kompetensi yang diharapkan kepada mahasiswa dapat tercapai. Artikel ini menggunakan metode studi literatur untuk melihat bagaimana pemanfaatan dan optimalisasi dari teknologi informasi baik pada mata kuliah desain grafis maupun mata kuliah pada umumnya.
Pembelajaran Sastra Populer Sebagai Peningkatan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Aplikasi Wattpad: Studi Kasus Ifa Ananda; Ani Rakhmawati
Research in Education and Technology (REGY) Vol. 1 No. 1 (2022): Research in Education and Technology (REGY)
Publisher : PT The Collaboration UVW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62590/regy.v1i1.6

Abstract

Internet dimanfaatkan dalam pembelajaran sastra sebagai salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa ingin belajar sastra yang tinggi dan memupuk rasa minat baca pada diri siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa manfaat dari adanya media pembelajaran berbasis teknologi digital di era revolusi dengan menggunakan aplikasi wattpad sebagai media pembelajaran sastra populer di kalangan siswa SMA guna meningkatkan minat literasi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus fokus utama mengkaji pembelajaran sastra populer sebagai peningkatan literasi digital dengan penggunaan media aplikasi wattpad. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi sederhana dan studi pustaka (Library research). Peneliti juga menggunakan prosedur pengumpulan data yaitu: (1) pemilihan topik mengenai inovasi baru tentang pembelajaran sastra populer di kalangan siswa untuk mendukung peningkatan literasi baca tulis secara digital. (2) pembuatan suatu konsep inovasi baru ke dalam materi pembelajaran yang berbasis digital dengan penggunaan aplikasi wattpad. (3) perancangan strategi untuk pemanfaatan aplikasi wattpad ke dalam pembelajaran sastra populer sebagai peningkatan literasi digital. (4) Menyusun simpulan dari inovasi rancangan yang telah ditetapkan sebelumnya untuk dijadikan sebuah bahan ajar pada pembelajaran sastra populer dengan pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai peningkatan literasi digital. Adanya aplikasi wattpad membantu tenaga pendidik dalam mengembangkan pembelajaran sastra yang populer. Siswa tidak perlu lagi terfokus pada tulisan di kertas atau menulis karyanya di kertas. Hal ini dibuktikan banyak penelitian yang meneliti tentang adanya pemanfaatan media wattpad sebagai peningkatan literasi digital. Selain itu, siswa juga tidak tertinggal dengan perkembangan era teknologi baru di masa sekarang.
Inovasi Pembelajaran Bahasa Baku Dengan Media Pembelajaran Game Edukasi Who Wants To Be A Millionaire Zanida Zulfana Kusnasari; Ani Rakhmawati
Research in Education and Technology (REGY) Vol. 1 No. 1 (2022): Research in Education and Technology (REGY)
Publisher : PT The Collaboration UVW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62590/regy.v1i1.7

Abstract

Guru dapat menggabungkan teknologi, seperti game edukasi yang berkembang pesat dan menarik perhatian siswa ke dalam pembelajaran di kelas. Tujuan pemanfaatan media pembelajaran game edukasi dalam pendidikan adalah untuk membuat pembelajaran lebih menarik, aktif, dan efektif, sekaligus meningkatkan pemahaman siswa mengenai pembelajaran bahasa. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan membuktikan adanya perbedaan nilai akhir dan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia materi bahasa baku dengan bantuan media pembelajaran game edukasi WhosWants toxbe A Millionaire dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Penelitian ini dirancang menggunakan quasi experimental dengan nonxequivalent control group design. Penelitian ini mengambil populasi dari siswa SMA MuhammadiyahyAl-Kautsar PK Kartasura kelas X. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran game edukasi Who Wantsxto beyA Millionaire mencapaii75,89 dan pada kelas.kontrol hanya 71,69.
Penerapan Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Design Grafis Erwinsyah Simanungkalit; Jenny Sari Tarigan
Research in Education and Technology (REGY) Vol. 1 No. 1 (2022): Research in Education and Technology (REGY)
Publisher : PT The Collaboration UVW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62590/regy.v1i1.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam mata kuliah design grafis. Penelitian ini dilaksanakan di Politeknik Negeri Medah. Masalah penelitian ini adalah bagaimana mengahasilkan siswa/siswi yang kompeten dalam bidang design grafis dengan menggunakan model pembelajaran PjBL. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Bentuk penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi experimental) yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja yang dinamakan kelompok eksperimen tanpa ada kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah semua siswa semester 3 Program Studi administrasi Bisnis, sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini adalah satu kelas dari keseluruhan populasi yang dipilih secara purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran design grafis nilai skor skor pre-test 9,83 dan post-test 12,63 dari data tersebut dilakukan perhitungan N-Gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang, artinya terdapat peningkatan kemampuan design grafis dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Hasil keterlaksanaan mencapai nilai 95,2 dengan kategori sangat baik.
Fazlur Rahman: Esensi Pendidikan Islam Syaiful Dinata; Eva Latipah; Ismatul Izzah
Research in Education and Technology (REGY) Vol. 1 No. 2 (2023): Research in Education and Technology (REGY)
Publisher : PT The Collaboration UVW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62590/regy.v1i2.11

Abstract

Islamic education should not only be a process of transmitting material, but far from it, integrated into the personality and become a guide in the activities of daily life. Fazlur Rahman is one of the reformers of Islam who incised his thoughts on the modernity of Islamic education. His ideas include the basics of Islamic education, namely the Qur'an and Sunnah, the goal of Islamic education is to form a morally and intellectually intact human being, the education system integrates general knowledge and religion. Education curriculum with a double movement and mastery of language. The method of writing is descriptive analysis with a library research approach. Analyze the data collected through books or scientific journals, then describe them. The result of his research is that the essence of Islamic education from Fazlur Rahman's perspective is the growth of original and adequate Islamic thought. Then, Fazlur Rahman said that the most important thing about Islamic education is its essence and as Islamic intellectualism, because for him this is what is meant as the essential essence of Islam itself.
Evaluasi Pembelajaran di Pondok Pesantren Ahmad Faisal
Research in Education and Technology (REGY) Vol. 1 No. 2 (2023): Research in Education and Technology (REGY)
Publisher : PT The Collaboration UVW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62590/regy.v1i2.26

Abstract

Islamic boarding schools are educational institutions that specialize in deepening religious knowledge, especially traditional Islamic boarding schools still require a study of the learning system and the scope of teaching materials, because there are no curriculum standards and quality control, then how about the implementation of learning evaluation in Islamic boarding schools seen from planning, implementation, monitoring and data processing of learning evaluation results, research methods used in this study is a qualitative research with data collection techniques of observation, documentation and interviews as well as qualitative descriptive data analysis with inductive conclusions. the limitations of the material to be tested as in the Riyadussholihin hadith book from pages 1-25, the second implementation of learning evaluation in Islamic boarding schools uses more test evaluation instruments, namely oral tests and written tests, third monitoring in Islamic boarding schools when carrying out evaluations such as nisfu sanah exams and exams the final sanah monitors or supervises the implementation of the exam and the fourth data processing of the results of the evaluation of learning in Islamic boarding schools after the implementation of the learning evaluation makes corrections and provides scores and scores with a value range of 1-10 for answers n of the students are then reported in the form of student report cards.

Page 1 of 4 | Total Record : 31