Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 4 No 3 (2024): JAMSI - Mei 2024

Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Pemanfaatan Bunga Telang Menjadi Sirup di SMP NU Medan

Tuti Wardani Siregar (Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Dini Novita Sari (Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Chandra Sigalingging (Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Dewi Novina Sukapiring (Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Lily Novianty (Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Juhardi Sembiring (Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Nelfita Rizka S. Depari (Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Khairuna Utami (Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Emma Fadhilah (Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Mardiah Mardiah (Sistem Informasi, Fakultas Komputer, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Saiful Amir (Sistem Informasi, Fakultas Komputer, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Furqan Khalidy (Manajemen, Fakultas Manajemen, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2024

Abstract

Bunga telang atau butterfly pea, memiliki nama latin Clitoria ternatea L. Disebut butterfly pea karena bentuknya menyerupai kupu-kupu. Tanaman yang hidupnya merambat ini dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bunga ini, dapat digunakan sebagai tanaman obat karena adanya senyawa kimia yang terkandung di dalamnya seperti: saponin, Flavonoid, alkaloid, Ca-oksaat dan sulfur. Bunga ini juga dimanfaatkan untuk mengobati mata, sedangkan rebusan akarnya digunakan sebagai obat untuk menghilangkan dahak pada bronkitis kronis, menurunkan deman, serta iritasi kandungan kemih dan saluran air seni. Melihat manfaat bunga telang yang bagus untuk Kesehatan perlunya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Proses pembuatan sirupcukup mudah, yakni dengan cara mengeringkan Bunga Telang dibawah sinar matahari, kemudian diseduh dengan air panas sehingga menghasilkan biang bunga telang, selanjutnya kita menyediakan gula pasir yang sudah dicairkan, selanjutnya kita menyatukan biang bunga telang dengan gula cair sehingga menjadi sirup bunga Telang. Tujuan kegiatan pengabdian ini dapat dicapai dengan baik berdasarkan ketertarikan siswa/siswi kelas VII SMP NU Medan terhadap pembuatan sirup dari bunga Telang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...