Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VI B di mana sebanyak 50% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang belum menarik dan bervariasi sehingga siswa cepat bosan, tidak aktif dan tidak memiliki minat untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran pervetum terhadap hasil belajar siswa kelas VI B SDK Bhaktyarsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen jenis Pre Eksperimental Design tipe one shot case study dengan subyek penelitian adalah siswa SDK Bhaktyarsa kelas VI B yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sementara itu teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum menggunakan media video pembelajaran sebesar 68, sedangkan rata-rata nilai hasil belajar yang diperoleh siswa setelah menggunakan video pembelajaran sebesar 82. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media video pembelajaran pervetum memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDK Bhaktyarsa.
Copyrights © 2024