Lingua Skolastika
Vol 2 No 2 (2023): LINGUA SKOLASTIKA: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya (LINS

Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia

Sukmawati, Aprilia (Unknown)
Aini, Fina Nurul (Unknown)
Zulfikar, Mohammad Fikri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Artikel ini membahas tentang pembelajaran Inquiry. Pembelajaran Inquiry terdiri dari metode diskusi, penugasan,eksperimen, dan tanya jawab. Metode diskusi adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberi kesempatan kepada para siswa (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau penyusunan berbagai alternatif pemecahan atas sesuatu masalah. Metode resitasi (penugasan) adalah metode penyajian bahan di mana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Metode eksperimen bertujuan untuk meneliti hubungan sebab akibat dengan memanipulasikan satu atau lebih variabel pada satu atau lebih kelompok eksperimen dan membandingkan hasilnya dengan kelompok control yang tidak mengalami manipulasi. Metode tanya jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Upaya guru dalam penggunaan metode tanya jawab dapat membuat pembelajaran menjadi tidak monoton dan membuat siswa terlibat aktif. Metode tanya jawab memiliki kelebihan dan kekurangan yang mana menjadi nilai tambah dan kurang dari metode pembelajaran yang lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LF

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUA SKOLASTIKA: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya (LINSKO) adalah jurnal nasional yang dikelola secara profesional dan dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. LINGUA SKOLASTIKA: ...