EQUILIBRIUM : JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EJBA)
Vol. 14 No. 1 (2020): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)

Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Jasa Transportasi Trans Jogja di Kota Yogyakarta

Ila Sutari (Universitas Kristen Immanuel)
Sri Herlina (Universitas Kristen Immanuel)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan jasa transportasi Trans Jogja di Kota Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, wawancara, kajian pustaka, dan internet dengan metode purposive sampling. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, uji t, analisis regresi linear berganda, uji F, dan analisis Servqual. Hasil regresi linear sederhana yang diperkuat dengan uji t menunjukkan bahwa variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hasil regresi linear berganda yang diperkuat dengan uji F menunjukkan bahwa seluruh variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hasil analisis servqual menunjukkan bahwa bahwa nilai gap negatif berarti apa yang diharapkan pelanggan belum sesuai dengan apa yang diperoleh pelanggan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA) provides valuable insights into various aspects of Financial Management, Marketing, and Accounting. It encompasses a diverse array of intriguing subjects including Earnings Management, Firm Value, Stock Price, Service Quality, and the Internal Control ...