E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 13 No 5 (2024)

PERAN KEPUASAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Tjok Istri Putri Kinara Pemayun (Unknown)
Ni Made Wulandari Kusumadewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang memiliki kecenderungan terus meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu jenis usaha kuliner yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat di Indonesia adalah makanan budaya Pop Korea atau yang lebih dikenal dengan sebutan Korean Wave. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan peran kepuasan memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Gildak di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan kategori pelanggan yang pernah membeli produk dari Gildak. 120 orang merupakan sampel penelitian dengan metode purposive sampling. Data diceri dan kumpulkan melalui kuesioner kemudian memanfaatkan analisis jalur, uji VAF, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan; kepuasan merupakan variabel mediasi secara parsial pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Gildak di Kota Denpasar. Implikasi teoretis dari penelitian ini mendukung konsep teori dan penelitian terdahulu serta kajian terkait teori perilaku konsumen. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pihak manajemen Gildak konsisten dalam menjaga kualitas produk yang disajikan dan meningkatkan kepuasan yang berimplikasi terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...