Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 1, No 12 (2024): Madani, Vol. 1 No. 12 2024

Implementasi Metode Pembelajaran Terhadap Anak Tingkat Sekolah Dasar Di SDN 066650 Medan

Daulay, Afrahul Fadhila (Unknown)
Wardani, Charunnisa (Unknown)
Setiwati, Nurlia (Unknown)
Anjani, Dwi Retno (Unknown)
Rambe, Siti Sarah (Unknown)
Wijaya, Reyvan Rivai (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Metode pembelajaran adalah metode yang digunakan untuk melaksanakan rencana  dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pengajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Serta mengetahui metode pengajaran yang disukai guru dan Mengetahui metode diskusi/ceramah mana yang lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Temukan juga  Pada tahap manakah siswa dapat diajak menggunakan metode diskusi/belajar kelompok? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kami adalah metode penelitian kualitatif, dimana penelitian kami fokus pada observasi dan wawancara terhadap salah satu guru di SDN 066650 yaitu Ibu Nurhalimah Nainggolan selaku guru kelas VI di sebuah sekolah dasar. Dan hasil  penelitian ini  lebih efektif menggunakan metode diskusi dalam kegiatan pembelajaran, yaitu meningkatkan kinerja siswa dalam belajar dengan mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuannya dalam bidang tertentu. Hal ini dikarenakan mereka berinteraksi dengan siswa lain yang mempunyai kemampuan yang sama dengan mereka dan tidak mematahkan semangat mereka karena kemampuannya.

Copyrights © 2024