JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 14, No 2: December 2023

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF PADA HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Roaidah Roaidah (Universitas PGRI Palembang)
Idris Muhammad (Universitas PGRI Palembang)
Irawan David Budi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Discovery learning adalah metode pemahaman konsep, makna, dan hubungan melalui proses intuitif, yang pada akhirnya sampai pada suatu kesimpulan. media power point interaktif ini cocok digunakan dan dapat dijadikan sebagai solusi dari permasalahan dalam pembelajaran pada hasil belajar IPS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) IPS merupakan salah satu mata pelajaran terpadu di sekolah dasar yang menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari.Ilmu-ilmu sosial yang memegang peranan penting bagi peserta didik dalam kedudukannya dalam pergaulan di lingkungan keluarga, sekolah dan sosial. Tujuan penelitian untuk mengetahui Adakah pengaruh model Discovery learning berbantuan media Power point interaktif pada hasil belajar IPS siswa kelas IV?. Subjek penelitian kelas IV A di SDN 35 Talang Kelapa. Jenis penelitian ini yaitu quasy experiment dengan design one group pretest posttest design.hasil penelitian terlihat setelah dilakukan pretest, treatment, post test pada kelompok eksperimen dan kelas control sehingga dapat didapat hasil perhitungan “Paired Sampel Test” di atas, diketahui nilai Sig. (2-Tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05, maka dalam hal ini H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar Pretest dengan Posttest yang artinya terdapat pengaruh penggunan model Discovery Learning berbantuan Media Power Point Interaktif Pada hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...