Education and Counseling Journal
Vol 4 No 1 (2024): Edisi Maret

EFEKTIFITAS TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS IX SMP AL QUR’AN MINHAJUT THULLAB PUTRA

Ahmad Taufiqur Roziqin (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Wahid Suharmawan (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Ika Romika Mawaddati (Universitas PGRI Argopuro Jember)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas IX SMP Al Qur’an Minhajut Thullab dengan Teknik modeling. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan the one group pretest posttest design, yang merupakan jenis penelitian pra-eksperimen. Sampel dipilih menggunakan angket skala kemandirian belajar. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. hasil uji wilcoxon didapatkan besaran Z-2,943 dengan simpotik uji dua arah sebesar 0,003. Sedangkan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) ialah 0,003<0,05 sehingga layak dikatakan bahwa Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis penelitian ini terbukti keabsahannya karena siswa kelas IX SMP Al Qur’an Minhajut Thullab lebih mandiri dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...