Journal of Instructional and Development Researches
Vol. 4 No. 2 (2024): April

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Fitri Halidah (UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya)
I In Nurul Aini (UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya)
Novi Ernawati (UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya)
Juhaeni Juhaeni (UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya)
Lailatul Faizah (MIN 2 Kota Surabaya, Surabaya)
Safaruddin Safaruddin (Universitas Islam Ahmad Dahlan, Sinjai)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media ular tangga pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan di kelas 1. Metode yang digunakan pada penelitian adalah Research & Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation, dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental Design dengan bentuk penelitian One-Group Pretest Posttest Design. Metode tersebut digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media ular tangga pada meningkatnya hasil belajar siswa kelas 1 di MIN 2 Kota Surabaya. Pada pengembangan media ular tangga penulis memilih subyek penelitian pada uji coba adalah 20 siswa sebagai uji coba keefektifan, ahli media dan ahli materi. Rata-rata dari hasil pre-test sebesar 70,25 menjadi rata – rata hasil post-test sebesar 82,75. Hasil pada medi ular tangga menunjukkan bahwa hasil penilaian dari validator ahli materie 86% sedangkan pada ahli media 90%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media ular tangga yang dilakukan pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dikatakan berhasil dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIDeR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR) is a scientific journal published by Indonesia Emerging Literacy Education. This journal publishes related research papers and covers a wide range of topics in the field of knowledge: learning research, educational development research. ...