Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL)
Vol 4 No 3 (2024): Vol 4 Issue 3 (2024)

Kontribusi Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri

Annisa Hakim (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Syahril Syahril (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Rusdinal Rusdinal (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Yulianto Santoso (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kinerja guru di SMK Negeri Kota Padang Panjang. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru, salah satunya yaitu disiplin kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang 1) Kinerja guru di SMK Negeri Kota Padang Panjang, 2) Disiplin kerja di SMK Negeri Kota Padang Panjang dan 3) Kontribusi disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri Kota Padang Panjang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat kontribusi yang signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di SMK Negeri Kota Padang Panjang yang berjumlah 95 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling diperoleh sebanyak 49 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Kuesioner telah diuji untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan 1) Disiplin kerja berada pada interpretasi sangat tinggi yaitu 94,71%. 2) Kinerja guru berada pada interpretasi sangat baik yaitu 93,57 %. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel dengan koefisien korelasi 0,424 dan uji keberartian korelasi 3,206, serta yaitu 17,97%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, disiplin kerja merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru pada nilai korelasi 0,424 dengan kontribusi sebesar 17,97%. Hal ini berarti semakin tinggi disiplin kerja guru maka semakin baik kinerja guru tersebut

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

Ruang Lingkup pembahasan Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) yaitu perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, pengawasan pendidikan, kepemimpinan, manajemen sekolah, administrasi sekolah, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, ...