Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 7 Ambon yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pola bilangan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 7 Ambon yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan tipe penelitian tindakan kelas (PTK) dimana pendidik bertindak sebagai instruktur dan berlangsung dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi untuk data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus dimana nilai ulangan siklus I sebesar 59,09% (13 siswa) yang mendapat nilai ≥72. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 72,72% (16 siswa) yang mendapat nilai ≥72. Hasil belajar siswa naik 13,63% dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 7 Ambon pada materi pola bilangan.
Copyrights © 2023