Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 5, No 1 (2024): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LEMBAR KERJA INTERAKTIF PADA KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIS UNTUK SEKOLAH DASAR

Asrar Aspia Manurung (Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.)
Indah Purnama Sari (Prodi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.)
Surya Wisada Dachi (Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Keterampilan komunikasi matematis siswa sekolah dasar masih kekurangan. Hal ini terjadi karena kemampuan matematika siswa keterampilan komunikasi tidak dikembangkan di sekolah dasar. Di dalam pembelajaran, model pembelajaran berbasis masalah (PBL) diterapkan dengan bantuan lembar kerja interaktif. Model PBL meningkatkan kemampuan siswa keterampilan komunikasi di sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbantuan interaktif lembar kerja kemampuan komunikasi matematis siswa. Ini Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain posttest only. Populasi penelitian ini adalah seluruh sekolah dasar siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probabilitas yaitu purposive pengambilan sampel, yaitu dua sampel kelas IV dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok eksperimen berjumlah 30 siswa yang diberi perlakuan model PBL berbantuan lembar kerja interaktif, dan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes matematika keterampilan komunikasi pada pecahan. Sebelum menggunakan instrumen penelitian, diuji melalui proses validasi dan reliabilitas, kemudian analisis data teknik yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan melakukan sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu normalitas dan homogenitas tes. Data yang diperoleh dihitung menggunakan Levene Test dengan alat Aplikasi SPSS 23.0 dengan hasil distribusi normal dan homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan PBL model dibantu dengan lembar kerja interaktif matematika siswa kemampuan komunikasi di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...