Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra
Vol. 1 No. 1 (2024)

KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PALOPO

Hasmawati Saleh (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis karangan eksposisi melalui metode demonstrasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ini berbentuk deskripsi. Populasi dalam penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada siswa yang berada pada kategori kurang dan sangat kurang, kategori sangat baik diperoleh 18 siswa dengan persentase (47,36%), kategori baik diperoleh 17 siswa dengan persentase (44,73%), kategori cukup diperoleh 3 siswa dengan persentase (7,89%). Klasifikasi ketuntasan siswa yang memeroleh nilai ≥75 sebanyak 34 siswa atau 89,49%, sedangkan sampel yang memeroleh nilai ≤74 sebanyak 4 siswa atau 10,5%. Sehingga, siswa dikatakan mampu dalam menulis karangan eksposisi melalui metode demonstrasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Palopo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

vokatif

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra merupakan jurnal dengan double blind peer reviewed yang berkaitan dengan Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Sastra dan budaya. Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian dengan kualitas terbaik yang memperluas pemahaman tentang ...