JALAKOTEK: Journal of Accounting Law Communication and Technology
Vol 1, No 2 (2024): Juli 2024

Strategi Komunikasi Pemasaran Abidari Islamic Creative School Dalam Membangun Brand Awareness Sebagai Sekolah Ramah Anak di Kota Pekanbaru

Athifah Faradilla Sandy (Universitas Riau)
Rumyeni Rumyeni (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Tercatat di tahun 2021 ada sebanyak 222 sekolah taman kanak-kanak (TK) yang ditetapkan sebagai Sekolah Ramah Anak di Kota Pekanbaru. Sekolah Ramah Anak merupakan  program untuk mewujudkan kondisi aman, bersih, sehat, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup, yang mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya, selama anak berada di satuan pendidikan, serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran dan pengawasan. Dengan banyaknya Sekolah Ramah Anak di Kota Pekanbaru tentunya ikut meningkatkan persaingan, sehingga setiap sekolah TK harus bisa menunjukkan keunggulan dan kelebihan dibandingkan sekolah lainnya. Salah satu Sekolah Ramah Anak di Kota Pekanbaru, yakni Abidari Islamic Creative School.   Abidari Islamic Creative School berdiri sejak 18 September 2014. Tentunya telah banyak kegiatan pemasaran terutama strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Abidari Islamic Creative School dalam melakukan promosi sebagai Sekolah Ramah Anak di Kota Pekanbaru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis strategi komunikasi  pemasaran yang digunakan oleh Abidari Islamic Creative School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deksriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Abidari Islamic Creative School tepatnya di Jalan Lumba-Lumba no. 22, Tengkerang Selatan, Kota Pekanbaru. Konsep yang digunakan pada penelitian ini menggunakan komunikasi pemasaran, bentuk komunikasi pemasaran, strategi komunikasi pemasaran serta brand awareness dan Sekolah Ramah Anak. Subjek penelitian berupa pihak internal dan eksternal Abidari Islamic Creative School yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data, yakni dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Abidari  Islamic Creative School sangat beragam, yaitu advertising, sales promotion, social media marketing, event marketing, personal selling dan word of mouth. Dari 6 bentuk strategi komunikasi pemasaran yang terdapat 2 bentuk komunikasi pemasaran yang berpengaruh dalam pelaksanaan pemasaran  brand awareness Abidari Islamic Creative School.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JALAKOTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

JALAKOTEK: Journal of Accounting Law Communication and Technology dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3495 (Cetak - Print) dan 3032-2758 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JALAKOTEK: Journal of Accounting Law Communication and ...