Jurnal TNI Angkatan Udara
Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Patriot Biru Triwulan Kedua

6. Analisis Karakteristik Aerodinamika dari Berbagai Geometri Fin Bom 500 lbs dengan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD)

Giri Yudho (Unknown)
Bariq Nasution (Unknown)
Y. H. Yogaswara (Unknown)
Sapta Jengkar (Unknown)
Handoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Dalam perancangan bom udara dibutuhkan analisis dan aerodynamic database untuk mengetahui performa dan karakteristiknya secara dinamika terbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik aerodinamika pada komponen fin, serta mengetahui pengaruh perbedaan bentuk geometri fin terhadap karakteristik aerodinamika bom secara kolektif. Metode yang digunakan adalah analisis numerik dengan simulasi CFD untuk memprediksi karakteristik aerodinamika dan mengamati fenomena aliran yang terjadi. Model yang digunakan adalah bom sejenis MK 80 Series 500 lbs yang didesain dengan CAD berbasis data pengukuran dari 3D Scan. Simulasi secara numerik dilakukan untuk mengetahui karakteristik aerodinamika dari desain bom udara pada masing-masing konfigurasi fin bom yang dianalisis. Hasil yang diperoleh terdapat perbedaan nilai koefisien lift, drag, dan aerodynamic center. Geometri fin trapesium dan persegi panjang menunjukkan hasil yang relatif tidak jauh berbeda, sedangkan geometri fin segitiga menunjukkan deviasi CL dan CD yang relatif tinggi pada angle of attack yang besar dibandingkan dua model lainnya. Berdasarkan hasil simulasi, fin persegi panjang memiliki karakteristik aerodinamika yang lebih baik dibandingkan fin segitiga karena menyerupai karakteristik aerodinamika fin original yang berbentuk trapesium.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Earth & Planetary Sciences Electrical & Electronics Engineering Engineering Environmental Science

Description

Jurnal TNI Angkatan Udara (Jurnal Patriot Biru, JPB) is a multidisciplinary journal in science and technology applications in various aspects. JPB publishes original research articles, review articles (only selected/invited authors), as well as short communication. JPB covers the following topics, ...