Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tekno ekonomi dan merumuskan strategi alternatif pada pengembangan usaha ecoprint Tapak Patera. Pendekatan penelitian menggunakan studi kasus dengan campuran ( mix-method ), yaitu penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik penentuan responden menggunakan purposive . Penelitian ini dilakukan di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya. Alat analisis yang digunakan yaitu Tekno Ekonomi, analisis SWOT dan Blue Ocean Strategy . Hasil analisis tekno ekonomi secara teknis pembuatan ecoprint masih menggunakan teknologi sederhana serta bahan baku yang mudah diperoleh. Secara ekonomi ecoprint Tapak Patera memiliki harga pokok produksi sebesar Rp139.797/kain untuk bahan kain primis dan Rp122.359/kain untuk kain rayon. Secara umum pendapatan yang diperoleh Tapak Patera pada tahun 2023 yaitu untuk ecoprint kain primis sebesar Rp4.045.373/tahun sedangkan untuk ecoprint kain rayon sebesar Rp1.820.076/tahun. Jadi secara ekonomi usaha Tapak Patera ini menguntungkan dan layak untuk dikembangkan karena R/C Ratio 1. Adapun alternatif strategi berdasarkan pendekatan Blue Ocean Strategy yaitu pengadaan diskon produk, wisata edukasi pembuatan ecoprint , pemasaran online dan promosi menarik.
Copyrights © 2024