Salah satu karakteristik program studi Teknologi Pendidikan adalah Practice Based Course (rangkaian pembelajaran berbasis praktik). Kondisi umum yang dialami mahasiswa biasanya dimulai dengan pemahaman terbatas mahasiswa tentang sifat dari bidang praktik teknologi pendidikan, selain itu, sering ada keterputusan antara teori bidang ilmu yang dipelajari dengan kondisi dan kebutuhan yang berlangsung di lokasi praktek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan kontekstual terpadu sebagai salah satu alternatif penerapan andragogi dan heutagogi. Menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek dinilai efektif dan berdampak pada hasil belajar mahasiswa. Strategi pembelajaran ini dapat menjadi alternatif untuk penerapan andragogi dan heutagogi khususnya dalam pelaksanaan rangkaian pembelajaran berbasis praktik dengan memperhatikan beberapa hal, terutama pemetaan kompetensi mata kuliah yang dipadukan.
Copyrights © 2023